Dragon Boat Indonesia Raih Medali Emas di Asian Games 2023

Asian-Games-Hangzhou-2022.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, HANGZHOU- Prestasi gemilang kembali di raih oleh Tim Dragon Boat Indonesia pada event Asian Games 2023 di Hangzhou, China.

Tim Dragon Boat Indonesia berhasil membawa pulang medali emas setelah mendayung perahu naga mencapai garis finish dengan jarak waktu tercepat.

 

Tim Dragon Boat Indonesia yang diperkuat oleh atlet dayung asal Provinsi Riau, Maizir Riyonda dan bersama rekan-rekannya Paddler Zubakri, Andri Agus, Harjuna, Tri Wahyu, Yuda Firmansyah, Indra Tri, Joko Andriyanto, Maizir Riyondra, Mugi Harjito, Sutrisno, Sofiyanto, Angga Suwandi serta Dedi Saputra sebagai steerer dan Muhammad Burhan sebagai drummer.

 

"Alhamdulillah target kami meraih medali emas di jarak 1.000 meter tercapai. Terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia dan masyarakat Riau yang telah mendoakan kami meraih prestasi dengan menambah medali emas bagi kontingen Indonesia di Asian Games,” ujar Maizir Rionda, Sabtu 7 Oktober 2023.

 

Tim dayung Dragon Boat Indonesia berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 4 menit 31,135 detik. Lebih cepat 0,047 detik dari tim Cina yang memiliki catatan waktu 4 menit 31,182 detik.


 

Setelah itu, di peringkat ketiga adalah Myanmar dengan waktu 4 menit 32,959 detik. Tambahan satu emas dari tim dayung menambah pundi-pundi emas Indonesia menjadi 7 medali emas di Asian Games, Hangzhou, China. 

 

Ketua Umum KONI Provinsi Riau, Iskandar Hoesin memberikan apresiasi kepada Maizir Rionda dan rekan-rekannya yang tergabung dalam Timnas Indonesia.

 

"Selamat untuk Maizir, dan tim dayung Indonesia yang berhasil meraih medali emas di Asian Games. Kerja keras dan perjuangan tim Dayung Indonesia patut kita apresiasi, selain mengharumkan nama bangsa dan negara, juga membawa nama harum Riau," jelas Iskandar Hoesin. 

 

Sebelumnya Pedayung andalan Riau, Maizir Rionda, dan Raudhani Putri juga sukses mempersembahkan medali bagi kontingen Tim Nasional Indonesia. 

 

Maizir mempersembahkan dua medali, yakni medali perak dan medali perunggu, di nomor dragon boat jarak 200 meter meraih medali perunggu, dan jarak 500 meter, meraih medali perak.

 

Untuk medali emas jarak 200 meter diraih pedayung tuan rumah China dan perak Thailand. Sedangkan medali emas jarak 500 meter diraih tuan rumah China, sedangkan perunggu Thailand.