Kirim Foto Berkualitas HD tanpa Dikompres Jadi Fitur Baru WhatsApp Beta

WA2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Platform pengembang WhatsApp Meta baru-baru ini mengenalkan kemampuan baru yang dapat diuji oleh pengguna WhatsApp Beta di iOS dan Android.

Dalam fitur baru WhatsApp Beta ini memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dalam kualitas tinggi (HD) dengan mempertahankan dimensi aslinya.

Biasanya, pengguna WhatsApp hanya dapat mengirim gambar dengan ukuran file dikecilkan (compress). Fitur baru WhatsApp Beta sudah bisa mulai dicoba.

Peningkatan kemampuan ini akan memberikan pengalaman berbagi media yang lebih baik bagi pengguna WhatsApp di masa depan.

Menurut laporan dari Gizmochina pada hari Kamis (9/6/2023), ada kemungkinan bahwa setelah diuji oleh para pengguna WhatsApp Beta minggu ini, fitur ini akan segera tersedia bagi pengguna secara umum dalam beberapa minggu mendatang.

Untuk mencoba fitur ini, pengguna WhatsApp Beta perlu mengupdate aplikasi beta mereka ke versi iOS 23.11.0.76 dan Android 2.23.12.13.


Setelah melakukan pembaruan, akan muncul opsi baru dalam bentuk ikon dengan tulisan "HD" beserta ikon pengaturan kecil di pojok kiri bawah ketika ingin mengirim foto dalam ukuran besar.

Opsi ini akan muncul secara otomatis ketika pengguna memilih foto HD untuk dikirimkan.

Namun, pengiriman dalam kualitas HD harus diaktifkan secara manual. Apabila tidak diaktifkan, pengiriman akan dilakukan dengan format standar seperti biasa, bukan di kualitas HD.

Perlu dicatat bahwa meskipun dimensi atau ukuran foto tetap dipertahankan maksimal, akan dilakukan sedikit kompresi untuk memastikan pengiriman yang efisien.

Penerima gambar atau foto dengan resolusi tinggi akan melihat label "HD" di pojok kanan bawah saat menerima gambar dalam ukuran besar.

Saat ini, fitur berbagi gambar HD hanya diuji coba dalam kolom obrolan. Belum ada perluasan ke fitur berbagi video atau pembaruan status.

Untuk mengirim video dalam kualitas tinggi atau HD, pengguna masih perlu menggunakan fitur atau opsi "dokumen".

Sekian penjelasan tentang fitur baru WhatsApp Beta yang memudahkan penggunanya untuk mengirim foto kualitas HD tanpa dikompres dikutip dari suara.com