AS, Jepang dan Korsel Latihan Bersama, Korut Malah "Panaskan" Nuklir

USS-Nimitz-menggelar-latihan-perang.jpg
(AFP via Suara.com)

RIAU ONLINE - Amerika Serikat, Jepang dan Korea Selatan (Korsel) menggelar latihan bersama angkatan laut trilateral pada Senin, 3 April 2023. Latihan bersama ini juga melibatkan kapal induk AS di perairan selatan Semenanjung Korea.

Latihan bersama ini digelar untuk memperkuat upaya pencegahan meningkatnya ancaman Korea Utara (Korut). Latihan anti-kapal selam, pencarian dan penyelamatan berlangsung di perairan internasional selatan pulau selatan Jeju.

Selain itu, latihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan respon AS, Jepang, dan Korsel terhadap ancaman bawah laut Korut, termasuk rudal balistik yang diluncurkan kapal selam.

Selama segmen pencarian dan penyelamatan, mereka berencana mensimulasikan prosedur pertolongan pertama dan prosedur darurat lain bagi mereka yang mengalami kecelakaan laut, sebagaimana dilansir dari Suara.com.


Sebelumnya, USS Nimitz, kapal induk AS, melakukan latihan secara bilateral dengan Angkatan Laut Korsel dan berlabuh di Busan keesokan harinya. Latihan trilateral ini sekaligus menunjukkan kerja sama keamanan yang lebih erat antara AS dan dua sekutunya dua Asia tersebut.

Situasi semenanjung Korea belakangan dilaporkan memanas setelah Korut dilaporkan tengah intensif meningkatkan aktivitas nuklir mereka. Organisasi asal AS yang melaporkan hal ini adalah 38 North.

Hal itu berlangsung ketika pemimpin Kim Jong Un telah memerintahkan perluasan produksi bahan nuklir tingkat senjata milik negara itu.

"Gambar yang diambil pada Maret itu menunjukkan bahwa penyelesaian reaktor air ringan (light water reactor) eksperimental di kompleks nuklir di Yongbyon sudah dekat," kata situs web 38 North organisasi pemantau aktivitas Korea Utara yang berbasis di Washington, pada Sabtu, 1 April 2023.