Tak Selamanya Punya Perut Buncit Musibah, Malah Bisa Selamatkan Nyawa

tersangkut-di-sumur.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, BEIJING-Memiliki perut besar ternyata tak selamanya buruk. Buktinya, pria ini malah selamat berkat perutnya yang besar.

Seorang pria umur 28 tahun di China bermarga Liu cukup beruntung karena terhindar dari bencana berkat perut besarnya yang tersangkut sumur.

Menyadur New York Post pada Kamis 13 Agustus 2020, pria berbobot 120 kg ini nyaris masuk ke dalam sumur di halaman rumahnya di desa Fuliudian, Henan, China.

Beruntung, perutnya yang besar menyumbat bibir sumur sehingga hanya tubuh bagian bawahnya yang terjerumus, sedangkan bagian perut ke atas masih aman tersangkut di sumur.

Berdasarkan laporan, dijelaskan jika Liu sedang membuang potongan kayu ke dalam sumur ketika insiden itu terjadi.

Ia dan orangtuanya bermaksud mengisi sumur kering itu dengan barang-barang agar tak mencelakakan orang lain, namun Liu yang disebut memiliki penyakit mental membuat sedikit manuver.

Pria ini menjatuhkan diri ke atas tumpukan kayu di bibir sumur ketika orang tuanya sedang bersiap untuk mengisinya.

Klip video dinas pemadam kebakaran yang dibagikan di media sosial menunjukkan penyelamat tiba ketika pria telanjang dada ini dengan sabar menunggu dengan tangan disilangkan.

Dia tetap seperti itu ketika penduduk setempat menyaksikan petugas pemadam kebakaran mengikatkan tali yang kuat di pinggangnya untuk membawanya keluar.

Ia dibawa ke tempat yang aman dan sama sekali tidak terluka.

Dinas pemadam kebakaran memperkirakan beratnya mencapai 500 pound atau 200 kg, meskipun The Sun mengutip laporan lain bahwa beratnya mendekati 300 pound tau 130 kg.

Sebelumnya, seorang ayah dan dua anaknya kecemplung sumur di sebuah restoran di kawasan Matraman, Jakata Timur saat hendak mengambil foto selfie.

"Mereka tidak menyadari bahwa penutup sumur berbahan papan tipis yang diberi corak mirip dengan semen. Mereka naik dan kejeblos," kata Perwira Piket Damkar Jaktim Edi Purwono di Jakarta.

Edi menuturkan, peristiwa itu dilaporkan pukul 11.40 WIB oleh salah satu warga yang datang ke kantor damkar.

Korban terperosok ke dalam sumur sedalam 12 meter serta tinggi muka air satu meter.

Ketiga korban warga Jalan Taruna Serdang, Kamayoran itu dilaporkan selamat tanpa terluka, sebab seluruh dinding sumur berdiameter satu meter itu telah dicor halus.

Proses evakuasi korban melibatkan satu tim penyelamat berikut satu unit ambulans selama lebih kurang satu jam.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com