Rajin Menyikat Gigi Mampu Tangkal Covid-19, Begini Penjelasannya

sikat-gigi.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, LONDON-Virus corona Covid-19 ternyata bisa dicegah dengan kebiasaan menyikat gigi teratur selain rajin mencuci tangan pakai air dan sabun.  Seorang dokter gigi mengatakan sikat gigi secara teratur, yakni minimal 2 kali segari bisa melindungi seseorang dari virus corona Covid-19.

Karena, pasta gigi mengandung deterjen yang sama dengan sabun cuci tangan. Kandungan itulah yang bisa bertindak sebagai penghalang virus selama 3-5 jam setelah sikat gigi.

Profesor Martin Addy mengatakan bahwa sikat gigi 2 menit sebelum berpergian ke luar rumah bisa mencegah penularan atau penyebaran virus dan penyakit lain.

"Kita semua sudah diberitahu tentang pentingnya mencuci tangan untuk menghentikan penularan virus corona Covid-19 yang menginfeksi kita ketika menyentuh wajah. Tapi, ada pentingnya kalau kita juga menjaga kebersihan mulut," kata Martin dikutip dari The Sun.


Prof Addy, profesor emeritus di Universitas Bristol dan mantan dokter gigi menyarankan semua orang sikat gigi teratur terutama sebelum berpergian keluar rumah atau berolahraga.

Begitu pula orang-orang penghuni panti jompo juga perlu menyikat gigi secara lebih teratur, mengingat mereka golongan paling berisiko terinfeksi virus.


"Para ilmuwan yang percaya bahwa kita harus memakai masker wajah karena virus corona Covid-19 bisa menular melalui tetesan air liur. Kita juga disuruh mencuci tangan agar tak terinfeksi ketika menyentuh wajah. Tapi, sikat gigi akan memberikan perlingan tambahan yang penting," jelasnya.

Bahkan staf NHS atau staf medis juga perlu menyikat gigi sebelum memakai alat pelindung diri. Karena, langkah ini bisa memberinya perlindungan tambahan dari penularan virus.

Mereka menjelaskan tindakan antimikroba dari pasta gigi di mulut akan berlangsung atau mulai bekerja selama 3 hingga 5 jam. Lalu, itu akan mengurangi viral load dalam air liur atau infeksi oleh virus yang masuk ke mulut.

Prof Addy juga mengatakan orang yang ingin memaksimalkan efek pencegahan bisa menyikat gigi sebelum meninggalkan rumah.

Bahkan Addy menyarankan seseorang tidak perlu membilas nya pakai air setelah sikat gigi dan cukup biarkan sisa pasta gigi tertinggal di dalam mulut untuk memberikan perlindungan.

Beberapa orang yang tidak akan melakukan langkah menyikat gigi teratur adalah penghuni panti jompo, yang mana mereka pasti mengandalkan pengasuh untuk menyikat gigi dan mengurusnya.

 Artikel ini sudah terbit di Suara.com