Warga Korea Teriak Hore saat Kim Jong Un Akhirnya Muncul di Publik

Kim-Jong-Un4.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PYONYANG-Kim Jong Un dikabarkan muncul untuk pertama kalinya di hadapan publik setelah spekulasi mengenai isu kesehatannya mencuat selama 20 hari terakhir. Pemimpin Tertinggi Korea Utara dilaporkan menghadiri sebuah acara peresmian pabrik pupuk di Sunchon, dekat ibukota Pyongyang pada Jumat kemarin 1 Mei 2020.

Dikutip AFP dari KCNA, KKCNA ketika Kim muncul dalam acara itu, "semua peserta bersorak sorai 'hore!'".

Kim berkata bahwa kakeknya Kim Il Sung dan ayahnya Kim Jong Il akan sangat senang jika mendengar berita bahwa pabrik pupuk fosfat modern tengah dibangun.

Hadir pula para pejabat senior lainnya, termasuk saudara perempuan sekaligus penasihat dekatnya, Kim Yo Jong. Namun foto-foto dari acara tersebut tidak segera dirilis.

Sebelumnya, pemimpin tertinggi Korea Utara itu dirumorkan meninggal dunia oleh beberapa media Jepang dan China pada Sabtu malam 25 April 2020.


Media mingguan Jepang bernama Shukan Gendai mengklaim bahwa pemimpin Korea Utara tersebut dalam keadaan vegetatif setelah mengalami komplikasi usai menjalani operasi jantung.

Lalu pada Minggu 26 April 2020, kereta milik Kim Jong Un terlihat di Wonsan pada 21 dan 23 April. Kabar itu diketahui melalui pindaian satelit proyek pemantauan Korea Utara yang berbasis di Washington.


Sementara itu, pihak Korea Selatan pada Senin (27/4/2020) menyatakan kondisi terbaru Kim Jong Un dalam keadaan baik dan sehat.

Penasihat kebijakan luar negeri Presiden Korea Selatan, Moon Chung-in, menyatakan bahwa, "Kim Jong Un masih hidup dan sehat." Dirinya telah berada di Wonsan sejak 13 April lalu dan menyebut tidak ada aktivitas mencurigakan sejauh ini.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

-->