Setiap Bergerak, Pria Ini Diawasi Puluhan Pasang Mata dan Iringan Mobil

Kim-Jong-Un-dari-masa-ke-masa.jpg
(KCNA/via REUTERS)

RIAU ONLINE, PYONGYANG-Keberadaan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un hingga kini belum diketahui kejelasannya. Namun, Kim Jong-un selalu mendapatkan penanganan istimewa dari negaranya, terutama di sistem keamanan.


Kim selalu mendapatkan pengawalan super ketat ke mana pun ia pergi. Bahkan dalam kunjungannya ke Singapura beberapa tahun lalu misalnya, ia dikawal hingga mobil yang berjumlah 35 unit.


Tak hanya itu, pengawalan super ketat dilakukan oleh paspampres kepada Kim ke mana pun ia pergi. Seperti yang terjadi di Singapura beberapa tahun lalu. 

Belasan paspampres tersebut tidak menggunakan mobil atau motor untuk mengawal Kim, melainkan dengan berjalan atau berlari kecil yang mengelilingi mobil milik Kim.


Bahkan sangking ketatnya, Kim kabarnya menyulap mobil Mercedes-Benz yang ia tumpangi tersebut hingga terdapat toilet di dalamnya.


Isu tentang toilet tersebut bersumber dari mantan paspampres Kim Jong-un, yaitu Lee. Masalah keamanan yang super ketat membuat Kim bahkan enggan menggunakan toilet umum.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com