Tak Cuma Indonesia, Inggris Juga Bersukacita Sambut 21 April, Kenapa?

Ratu-Elizabeth-II-Muda.jpg
(PA)

RIAU ONLINE, LONDON-Tidak hanya di Indonesia, tanggal 21 April juga merupakan hari yang bersejarah bagi Inggris. Pasalnya sang Ratu, Elizabeth II Lahir di tanggal bersejarah tersebut.

Di usianya yang menginjak 94 tahun ini Ratu Elizabeth II kemungkinan menghabiskan hari yang tenang di Kastil Windsor bersama suaminya Pangeran Philip.

Ratu Elizabeth II biasanya menandai ulang tahunnya yang sebenarnya secara pribadi dengan keluarga setiap tahun. Tetapi sang Ratu juga memiliki perayaan ulang tahun umum yang besar setiap bulan Juni.

Lantas mengapa Ratu Elizabeth II memiliki dua hari ulang tahun?

Ratu Elizabeth (Instagram/@kensingtonroyal)

Ratu Elizabeth (Instagram/@kensingtonroyal)

Seperti dilansir dari Express, sang Ratu Elizabeth II lahir pada 21 April 1926, tetapi merayakan dua ulang tahun setiap tahun. Ulang tahunnya yang sebenarnya diamati secara publik dengan beberapa penghormatan senjata di London.

Ratu Elizabeth II biasanya tidak muncul di depan umum pada 21 April tetapi pada tengah hari, penghormatan senjata menandai tonggak sejarahnya.

Pada 21 April biasanya ada 41 penghormatan senjata di Hyde Park, 21 penghormatan senjata di Windsor Great Park dan 62 penghormatan senjata di Menara London.

Sementara itu, Ratu Elizabeth II merayakan ulang tahun yang lain bersama publik setiap Juni. Peristiwa itu ditandai dengan parade spektakuler yang disebut Trooping the Color.


Trooping the Color telah diadakan pada hari Sabtu kedua Juni selama lebih dari 250 tahun.Sang Ratu melakukan perjalanan ke parade dengan Pengawal Kuda.

Ia kemudian akan disambut oleh salam hormat Kerajaan dan melakukan inspeksi pasukan, sebelum kembali ke Istana Buckingham diikuti oleh prosesi spektakuler di belakangnya.

Kerumunan besar berkumpul untuk menyaksikan iring-iringan menakjubkan yang melibatkan lebih dari 1400 prajurit yang berparade, 200 kuda, dan 400 musisi.

Ratu Elizabeth II kemudian bergabung dengan anggota Keluarga Kerajaan lainnya di balkon di Istana Buckingham untuk menyaksikan terbang-lewat oleh Angkatan Udara Kerajaan.

Meski Trooping the Color menjadi sorotan dalam kalender kerajaan, acara ini adalah satu dari banyak acara yang harus dibatalkan di tengah pandemi coronavirus Covid-19.

Penggemar kerajaan berharap ulang tahun resmi Ratu Elizabeth II akan menarik Meghan Markle dan Harry kembali ke Inggris dengan putra mereka Archie Harrison. Tetapi tahun ini reuni itu sepertinya tidak mungkin terjadi.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

-->