Menteri Kesehatan Inggris Positif Corona setelah Hadiri Resepsi

Menkes-Inggris.jpg
(AFP)

RIAU ONLINE, LONDON-Virus Corona kembali menyerang pejabat negara. Setelah sebelumnya Wapres iran dan KSAD Italia positif corona, Virus itu juga menjangkiti menteri kesehatan Inggris Nadine Dorries.

Dorries, menteri kesehatan junior Inggris, baru saja menghadiri resepsi di kediaman resmi Perdana Menteri Boris Johnson dua hari sebelum menyatakan dirinya terinfeksi.

Dikutip dari New York Times, yang pertama kali melaporkan kasus Dorries, melaporkan pejabat kesehatan Inggris bekerja cepat untuk melacak siapa saja yang berkontak dengan Dorries, termasuk konstituen dan anggota parlemen, serta rekan kerja di Departemen Kesehatan dan Sosial Inggris.

Dorries mengatakan di Twitter bahwa dia merasa "seperti sampah," tetapi berharap bahwa yang terburuk dari penyakit virus telah datang dan pergi. Laporan berita Inggris mengatakan dia adalah anggota pertama Parlemen yang dinyatakan positif.

Dorries sempat berada di 10 Downing Street, kediaman PM Johnson, pada hari Minggu untuk peringatan Hari Perempuan Sedunia.

Berita infeksi Dorries memicu diskusi di Inggris tentang apakah Parlemen perlu ditangguhkan. Anggota parlemen bertemu di ruangan House of Commons yang sempit, duduk berdampingan di bangku kulit hijau dan sering berdesarkan ke koridor dan area ruang berdiri, menciptakan kondisi subur untuk penyebaran penyakit.

Anggota Parlemen Konservatif Inggris Nadine Dorries berbicara di Parlemen selama debat tentang alternatif dari Kesepakatan Brexit Perdana Menteri Theresa May, di London, Inggris 3 April 2019, dalam pengambilan layar ini yang diambil dari video. [TV Reuters melalui REUTERS]

Dorries mulai merasa sakit pada hari Jumat ketika ia menandatangani instrumen hukum yang menyatakan COVID-19 sebagai "penyakit yang dapat dinotifikasi," sebuah langkah yang memungkinkan perusahaan-perusahaan Inggris memperoleh perlindungan asuransi.

Beberapa saksi mencatat bahwa Dorries tampaknya telah berbicara di House of Commons sekitar seminggu yang lalu, yang berarti dia setidaknya memiliki kontak singkat dengan anggota parlemen lainnya pada saat dia mungkin menular.

Tetapi kontaknya yang paling berbahaya mungkin dengan ibunya yang berusia 84 tahun, yang tinggal bersamanya, tulis Dorries di Twitter Selasa malam. "Terima kasih atas banyak harapan baik," tulis Dorries, menambahkan bahwa ibunya menderita batuk. "Dia sedang diuji besok," tulisnya. "Tetap aman dan terus cuci tangan itu, semuanya."

Dikutip dari Reuters, Menteri Kesehatan Kabinet Inggris, Matt Hancock, menulis di Twitter bahwa ia "sangat berduka" mendengar diagnosis Dorries. "Dia telah melakukan hal yang benar dengan mengisolasi diri di rumah," katanya.

Sebelumnya pada hari Selasa, jumlah kematian di Inggris dari wabah virus Corona naik menjadi enam, kata pejabat kesehatan Inggris.

Kementerian kesehatan juga mengatakan jumlah orang yang dites positif terkena virus Corona telah meningkat menjadi 373 dari 319 kasus.

 Artikel ini sudah terbit di Suara.com