Intelijen Korut Tegang Gara-gara Kim Jong-un Ditegur Korsel Soal Rokok

Kim-Jong-un-merokok.jpg
(INews/KCNA)

RIAU ONLINE - Ketua Dewan Keamanan Nasional Korea Selatan, Chung Eui Yong menasihati Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang seorang perokok agar berhenti merokok. Nasihat itu disampaikan Chung dalam pertemuan pejabat tinggi negara pada bulan lalu.

Pecakapan antara Kim dengan delegasi Korea Selatan di Pyongyang berlangsung selama jamuan makan malam. Saat itu, Chung dan para delegasi Korsel menjadi yang pertama dari Seoul menemui Kim Jong-un.

"Bagaimana kalau berhenti merokok? Itu buruk untuk kesehatan Anda," kata Chung kepada Kim seperti melansir VIVA.co.id, Rabu, 11 April 2018.

Mantan kepala mata-mata Korea Utara, Kim Yong-chol yang turut hadir dalam makan malam itu dilaporkan tampak tegang terkait komentar Chung kepada Kim Jong-un. Dia tak biasa menyaksikan pemimpin negaranya ditegur oleh orang lain.

Namun, istri Kim, Ri Sol-ju justru tertawa dengan teguran itu dengan sambil bertepuk tangan.


"Saya selalu memintanya untuk berhenti merokok tapi dia tidak mau mendengarkan saya," kata Ri.

Kim kerap terlihat di media massa tengah memegang sebatang rokok maupun cerutu menyala di tangannya, termasuk ketika dia berkunjung ke rumah sakit, sekolah dan bahkan saat peluncuran rudal. Kim bahkan terlihat merokok hanya beberapa meter dari pangkalan mesin roket berbahan bakar cair yang belum diuji selama peluncuran rudal pada Juli 2017.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id