Aksi Heroik TNI-AD Selamatkan Warga Ethiopia yang Terseret Arus

TNI-Selamatkan-warga-dafur.jpg
(TNI AD)

RIAU ONLINE - Aksi heroik dilakukan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam Satgas Batalyon Komposit TNI Konga XXXV-C/Unamid (United Nations Misson In Darfur) atau Indobatt-03. Dengan gagah berani, prajurit TNI AD menyelamatkan warga Darfur yang hanyut terseret derasnya arus Wadi.

Tak disangka-sangka, perbuatan mulia ini pun mendapatkan penghargaan yang diberikan oleh Commander Sector West Unamid Brigjen Asrat Denero Amad dari Ethiopia.

Kapen Kostrad, Letkol Inf Putra Widyawinaya seperti dikutip dari detik.com, Kamis, 7 September 2017 menceritakan, peristiwa ini berawal pada saat Tim Charlie 3 yang dipimpin oleh Letnan Satu Inf Pusdika berangkat dari Indobatt Camp untuk melaksanakan Patroli LRP Milobs dengan tujuan Desa Kamkama dan Desa Murayat.

Namun, di tengah perjalanana, kendaraan patroli mengalami kerusakan teknis di daerah Desa Murayat. Walaupun sempat diperbaiki namun kendaraan tersebut hanya bisa berjalan sejauh 500 meter dan mengalami ganguan kembali sehingga patrol harus bermalam di daerah tersebut.


Beberapa kendaraan yang rusak diantaranya APC roda kanan tengah tidak bisa berputar dan mobil LC yang kehabisan kanvas kopling. Hal ini terjadi kemungkinan dikarenakan saat itu sedang musim hujan, sehingga kendaraan mengalami Struck.

Setelah dilakukan perbaikan, akhirnya patroli bisa dilanjutkan kembali. D itengah perjalan, mereka pun kembali terhenti, namun bukan karena kerusakan kendaraan tetapi terhalang Wadi basah yang arusnya cukup deras, sehingga mereka (patroli) bertahan di pinggiran sungai menunggu air sungai surut untuk bisa dilewati.

Pada saat menunggu, dari arah yang sama, datang dua mobil LC masyarakat dengan muatan barang yang akan melewati Wadi tersebut.

Satu mobil LC berhasil melintas sedangkan mobil LC yang kedua tidak bisa lewat. Melihat kejadian tersebut, personel yang melaksanakan patroli dipimpin Serka Andi Ruli beserta 11 orang lainnya membantu menyelamatkan anak-anak dan ibunya yang terseret arus Wadi.

Para anggota TNI juga mengamankan barang-barang bawaan warga yang berada diatas mobil dengan sigap sehingga tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.