Nasi Lemak Jadi Pembuka Hari, Peringatan Emas Rising 50 Indonesia-Singapura

Presiden-Indonesia-Jokowi-dan-PM-Singapura-menanam-pohon-Oak-Sunda-di-Kebun-Raya-Singapura.jpg
(Kompas)

RIAU ONLINE - Nasi lemak menjadi pembuka hari yang panjang bagi dua pemimpin negara bertetangga, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Joko Widodo, Kamis, 7 September 2017 pagi ini.

Kedua bertemu untuk menghadiri sejumlah acara untuk memperingati pesta emas “RISING 50” yang merupakan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Singapura. Dimana, kata RISING tidak lain adalah singkatan dari Republic of Indonesia and Singapore.

Baca juga!

Luar Biasa, Pilot Pesawat F16 TNI AU Bentuk Formasi 50 Dengan Pilot Singapura

Kasau TNI-AU Tinjau Langsung Kesiapan Rising 50 Indonesia-Singapura

Hubungan bilateral antara kedua negara jiran ini pun tampak mesra, seperti terlihat di laman facebook PM Lee yang dikutip dari Kompas.com. Di situ terlihat mereka sedang berada di Kebun Raya Singapura.

Baik Jokowi dan Lee, serta istri masing-masing terlihat santai dibalut oleh busana training olahraga. Jokowi memakai training merah sedangkan Lee memakai training biru.

Lee menuliskan bagaimana hari ini adalah hari yang sangat spesial, sebab pada 7 September 1967 resmi terjalin hubungan diplomatik kedua negara.

Kali ini, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan istri Ho Ching menjamu Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana idodo dengan "diplomasi" nasi lemak di Restoran Halia, di kebun raya nan asri itu.

Bukan pertama kali ini Lee menjamu Jokowi dengan nasi lemak. Tiga tahun silam, di bulan November 2014 ketika Jokowi mengunjungi Singapura untuk menghadiri wisuda putra bungsunya Kaesang Pangarep.

Saat itu, kedua pemimpin juga bersantap nasi lemak termashyur “Selera Rasa” dari Adam Road. Nasi Lemak Selera Rasa memiliki reputasi sebagai salah satu nasi lemak terbaik di Negeri Merlion.

Bukan hanya di Facebook-nya, Lee juga mengunggah video pada fitur IG-stories di Instagram. Dalam video itu terlihat Lee sedang menanam pohon Oak Sunda yang dilabeli sebagai “Rising Tree”.

Pohon Oak Sunda adalah pohon yang tumbuh asli di Indonesia dan Singapura.

Suasana santai penuh tawa dan senda gurau terlihat di video ketika kedua pemimpin sedang merapikan cangkulan tanah untuk pohon bersejarah itu.

Setelah beristirahat sejenak, Jokowi dan Lee akan kembali bertemu siang ini di Istana Kepresidenan Singapura untuk membahas lebih jauh hubungan bilateral kedua negara.

Puncak acara adalah kedua pemimpin dijadwalkan menonton bersama atraksi akrobat pesawat tempur dengan membentuk formasi 50 di Marina Bay Cruise Centre.

Pembentukan formasi 50 ini melibatkan 20 pesawat dari kedua negara, terdiri atas 10 pesawat dari TNI AU dan 10 pesawat dari Angkatan Udara Singapura. Selain itu, ada lima pesawat melakukan pengawalan di udara.

Presiden Jokowi dijadwalkan berada di Singapura hingga sore ini. Presiden tiba kemarin sore di negeri Singa. Jokowi kemudian menghabiskan sekitar dua jam dari pukul 20.00-22.00, bertemu dengan masyarakat Indonesia di Singapura.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline