Dua JCH Asal Riau Harus Dirawat di ICU

Jemaah-Haji-Asal-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: INDRASTUTI

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dua Jamaah Calon Haji (JCH) asal Riau harus mendapatkan perawatan di Intensive Care Unit (ICU). Kedua jamaah dari Kloter 18 Embarkasi Batam ini mengalami masalah kesehatan yang sama, yakni sesak nafas.

Jemaah tersebut adalah Liana Samin Murkidulhadi binti Mukti Dulhadi (67), dengan nomor paspor B 6415232 pondokan 1108. Liana dirujuk ke An Nur Hospital Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Makkah pada Senin, 21 Agustus 2017 pukul 16.50 WAS dengan keluhan sesak nafas.

Baca juga!

Empat Jamaah Haji Asal Riau Wafat Di Tanah Suci

Menurut keterangan Ketua Kloter 18, M Yamin, Selasa, 22 Agustus 2017, Liana Samin memang memiliki riwayat sakit jantung. Ia sempat tidak sadarkan diri dan harus menggunakan alat bantu ventilators dan dirawat di lantai 1 ruang ICU no 214. Diketahui Liana juga mempunyai riwayat penyakit jantung.

Sedangkan jamaah kedua yang juga harus dibawa ke ICU adalah Supangat Hasan Rifai bin Hasan Rifai (77). Jamaah asal Pekanbaru, Jalan Thamrin Sukamaju, Sail ini sejak 10 Agustus 2017 hingga hari ini masih dirawat di ruang ICU King Faisal Hospital Arab Saudi.

"Kita terus melakukan monitoring terhadap kondisi jamaah, tentunya kita berharap menjelang puncak haji kondisi jamaah yang sakit dapat segera sehat. Jika nanti kondisinya tidak memungkinkan, tentu akan kita safari wukufkan," jelas Ketua Kloter 2 BTH, Suhardi.

Satu lagi, jamaah atas nama Rusli bin Hamid dari Kloter 18 BTH asal Kampar. Rusli dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dengan keluhan sesak nafas. Namun setelah mendapatkan pengobatan, jamaah sudah bisa langsung dibawa pulang.

Untuk mengantisipasi kondisi kesehatan jamaah menjelang puncak haji, dari laporan ketua kloter Embarkasi Batam, khususnya kloter Provinsi Riau, Karom dan Karu diminta untuk mengumpulkan semua jamaah untuk dilakukan visitasi dan pembinaan kesehatan oleh petugas sector dan TPP KKHI Makkah.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

-->