220 Jamaah Meninggal Karena Insiden Lempah Jumrah

RIAU ONLINE, MINA - Setidaknya 220 orang tewas dan ratusan orang lainnya terluka karena berdesakan saat menjalani salah satu sesi ibadah haji di Mina, di luar kota Mekkah, Arab Saudi. Mereka berdesakan saat hendak melaksanakan lempar jumrah.

 

Kejadian tersebut terjadi pada saat hari Idul Adha yang jatuh pada hari ini, Kamis (24/9), di mana jutaan kaum Muslim melakukan proses ibadah haji di Mekah.

 

Pejabat Ketahanan Sipil Arab Saudi melalui akun resmi Twitter-nya memberikan perkembangan jumlah korban tewas dalam insiden tersebut. Semula 150 orang dikabarkan meninggal dan 400 orang luka-luka.  Namun perkembangannya hingga saat ini, tercatat angka korban tewas telah menembus angka 220 jiwa.


 

"Operasi evakuasi masih terus berlangsung, kami meminta Allah untuk memberikan para martir beristirahat dalam damai," ujar pejabat tersebut.

 

Lempar jumrah atau lontar jumrah adalah sebuah kegiatan yang merupakan bagian dari ibadah haji tahunan ke kota suci Mekkah, Arab Saudi. Para jamaah haji melemparkan batu-batu kecil ke tiga tiang di kota Mina yang terletak dekat Mekkah.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline