Bikin Bangga, Timnas Indonesia Cukur Timnas Vietnam 3-0

Timnas-Indonesia16.jpg
((Dok. PSSI).)

RIAU ONLINE, HANOI-Timnas Indonesia mencukur timnas Vietnam 3-0 dalam laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam WIB. Hasil tersebut sekaligus meruntuhkan rekor buruk skuad Garuda. Seperti diketahui Timnas Indonesia sudah 20 tahun tidak pernah menang atas Vietnam di Hanoi.

Dengan tambahan tiga poin, Timnas Indonesia yang kini mengantongi tujuh poin dari empat pertandingan bertahan di posisi dua klasemen sementara Grup F. Diikuti Vietnam di posisi tiga dengan tiga poin.

Jalannya pertandingan

Timnas Indonesia yang tampil dengan komposisi terbaiknya menekan pertahanan Vietnam sejak awal. Lini pertahanan The Golden Stars dibuat kesusahan oleh serangan Ragnar Oratmangoen dan kawan-kawan.

Sembilan menit pertandingan berjalan Timnas Indonesia sudah berhasil membuka keunggulan. Umpan tendangan penjuru Thom Haye ditanduk ke dalam gawang oleh Jay Idzes. Skor 1-0 untuk Timnas Indonesia.


Timnas Indonesia memaksa Vietnam bermain bertahan. Skuad Garuda melakukan pressing ketat yang membuat Vietnam sulit mengembangkan permainan.

Belum ada gol lagi sampai dengan menit ke-20. Timnas Indonesia masih menguasai permainan sejauh ini.

Pada menit ke-23 Timnas Indonesia mengubah kedudukan menjadi 2-0. Kerjasama apik antara Nathan Tjoe dan Ragnar Oratmangoen berbuah gol indah.

Nathan mengirim umpan terobosan yang diterima oleh Ragnar. Melewati sejumlah pemain Vietnam, Ragnar melepaskan tembakan yang gagal dibendung Filip Nguyen.

Tertinggal dua gol memaksa Vietnam bermain terbuka. Hampir saja mereka memperkecil ketertinggalan pada menit ke-28. Untungnya tendangan Do Hung Dung menyamping di tiang kiri gawang Ernando Ari Sutaryadi.

Di menit ke-32 Ernando Ari melakukan penyelamatan gemilang. Tendangan bebas pemain Vietnam yang melengkung mampu dimuntahkan kiper Persebaya Surabaya itu.

Hingga menit 80 belum ada tambahan gol. Vietnam dan Timnas Indonesia sama-sama buntu dalam hal mencetak gol suara.com

Di menit akhir pertandingan Timnas Indonesia akhirnya berhasil menambah gol, mengubah kedudukan menjadi 3-0. Berawal dari kemelut di depan gawang Vietnam, Ramadhan Sananta yang tanpa kawalan menyambut bola liar dan melesakkannya ke sudut kiri bawah gawang Filip Nguyen.