Jordi Amat Lakukan Pelanggaran di Kotak Penalti, Timnas Tertinggal 0-1 atas Jepang

timnas-jepang3.jpg
(Dok JFA)

RIAU ONLINE, QATAR- Timnas Indonesia tertinggal 0-1 atas Jepang usai Jordi Amat membuat blunder fatal yang berbuah gol untuk lawan. 

Timnas Indonesia menghadapi Jepang dalam matchday ketiga atau terakhir Grup D Piala Asia 2023. Pertandingan di Al Thumama, Doha, Rabu (24/1/2024) ini sangat penting untuk kedua tim.

Di atas kertas, Timnas Indonesia tidak diunggulkan kendati pelatih Shin Tae-yong optimis Garuda bisa memberi perlawanan kepada Samurai Biru.

Namun, ekspektasi untuk memberi perlawanan sengit mulai luntur setelah Jepang mencetak gol pembuka di awal pertandingan.

Jordi Amat melakukan blunder fatal di mana dirinya menjatuhkan striker Ayase Ueda di kotak terlarang.


Wasit Khamis Al-Marri sempat berkonsultasi dengan video assistant referee (VAR) untuk memastikan insiden tersebut.

VAR kemudian memutuskan Jordi Amat melakukan pelanggaran merujuk dari tayangan ulang bek berdarah Spanyol itu terlihat menarik tubuh Ueda.

Ayase Ueda pun dipercaya menjadi algojo penendang penalti. Dia tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dengan melepaskan tembakkan keras ke sisi kanan atas yang gagal diantisipasi kiper Ernando Ari.

Timnas Indonesia dan Jepang sama-sama mengoleksi tiga poin di Grup D sebelum pertandingan ini. Alhasil, laga ini begitu penting bagi kedua negara dalam misi lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Jepang belum lolos ke babak 16 besar dan membutuhkan setidaknya hasil imbang untuk memastikan tempat mereka.

Mereka berpotensi menghadapi pertandingan babak 16 besar dengan rival terberat mereka, Korea Selatan, jika keduanya lolos ke babak gugur.

Di sisi lain, Timnas Indonesia harus menang jika ingin lolos otomatis ke 16 besar. Andai imbang atau kalah, tim asuhan Shin Tae-yong harus bergantung pada hasil tim lain terutama laga Grup E antara Bahrain vs Yordania dan Grup F antara Oman vs Kirgistan dikutip dari suara.com