Jaden Sean Montnor Tak Bisa Dinaturalisasi Timnas Indonesia gegara Aturan Ini

Jaden-Sean-Montnor.jpg
(Instagram/jadenmontnor)

RIAU ONLINE - Jaden Sean Montnor menyapa pecinta sepak bola Tanah Air melalui akun Instagram Half Blood Indonesie. Pemain keturunan Indonesia ini, kini membela klub papan atas Siprus, Aris Limassol FC, yang menempati peringkat pertama di Liga Siprus 2023/2024, seperti dilaporkan oleh akun tersebut.

"Halo Indonesia," sapa Jaden Sean Montnor dilansir dari akun Half Blood Indonesie, dikutip dari Suara.com, Minggu, 10 Desember 2023.

Jaden Sean Montnor yang memiliki performasi implesif bersama Aris Limassol FC sebenarnya bisa menjadi berkah untuk Timnas Indonesia. Hal ini mengingat pemain asal Belanda itu memiliki darah Indonesia dari buyutnya yang berasal dari Medan, Sumatera Utara.

Meski memiliki ikatan dengan Indonesia, sayangnya Montnor tidak bisa dinaturalisasi dalam waktu dekat.


Pasalnya, regulasi FIFA memberikan syarat bahwa perpindahan asosiasi pemain hanya dapat terjadi jika darahnya berasal dari ibu, ayah, kakek, atau nenek, bukan dari buyut.

FIFA hanya akan mengizinkan proses naturalisasi jika sang pemain kelahiran Indonesia atau jika ibu, ayah, kakek, nenek juga lahir di Indonesia. Namun, Jaden Sean Montnor lahir di Belanda, bukan di Indonesia.

Selain itu, proses naturalisasi memerlukan syarat bahwa pemain tersebut harus tinggal minimal lima tahun di Indonesia sebelum dinaturalisasi.

Meski karirnya sedang berjalan baik, keputusan untuk melanjutkan karir di Tanah Air menjadi sulit mengingat kondisi tersebut.