Timnas U-22 Cukur Myanmar 5-0, Sanata Cetak Brace

Timnas-U-22-5.jpg
(dok pssi)

RIAU ONLINE, PHNOM PENH-Timnas U-22 Indonesia membantai Myamar 5-0 di matchday kedua Grup A SEA Games 2023 di National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5).

Kemenangan Timnas U-22 datang dari gol Marselino Ferdinan di menit 20, dua gol Ramadhan Sananta di menit 31 lewat titik putih dan di menit 60, serta sumbangan satu gol Fajar Fathur Rachman dan Titan Agung di menit 74 dan 88.

Hasil tersebut membuat Timnas U-22 memimpin klasemen sementara Grup A dengan 6 poin. Di lain sisi, Myanmar yang punya 3 poin tertahan di peringkat ketiga. 'Garuda Muda' akan berlaga lagi melawan Timor Leste pada Minggu (7/5).

Jalannya Laga Timnas U-22 vs Myanmar

Pada 10 menit pertama, Timnas U-22 mengancam gawang Myanmar dua kali. Pertama, tandukan Sananta lewat umpan Arhan yang masih mampu ditepis Phyo Thu.


Pemain Timnas Indonesia U-22 Marselino berusaha melawati pertahanan Myanmar di SEA Games 2023. Foto: Dok. PSSI
Kedua, kembali dari umpan Arhan dari tendangan bebas. Ridho berhasil menanduk umpan dan ditepis Phyo Thu, ia lantas menyambar bola rebound, namun masih bisa diblok.


Menit 20 Marselino berhasil membuka keunggulan 'Garuda Muda'. Berawal dari umpan Fajar yang sapu bek Myanmar, Marselino yang berada di luar kotak penalti lantas mengontrol bola rebound dengan dadanya dan melepaskan sepakan apik yang membobol Myanmar.
10 menit berselang, wasit menunjuk titik putih usai Marselino dilanggar. Sananta yang menjadi eksekutor berhasil mengkonversi penalti menjadi gol.

Pasukan Indra Sjafri berhasil mendominasi babak pertama dan mampu menahan serangan Myanmar. Keunggulan 2-0 bertahan hingga turun minum.


Pada babak kedua, Myanmar mulai melancarkan beberapa serangan. Namun demikian, Sananta berhasil mencetak brace usai lolos dari posisi offside dan mengecoh dua bek Myanmar sebelum melepaskan sepakan keras yang menjebol gawang Phyo Thu.

Fajar lantas memperlebar jarak pada menit ke-74. Fajar mendapatkan umpan dari Ananda Raehan dari luar kotak penalti dan langsung melepaskan sepakan datar keras ke pojok gawang.

Titan Agung memiliki peluang untuk menambah keunggulan di menit 82 usai mengecoh kiper Myanmar. Akan tetapi, sepakannya masih bisa disapu bek Myanmar dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Titan Agung akhirnya menutup pesta gol Timnas U-22 pada menit ke-88. Kembali Raehan memberikan umpan terobosan, Titan yang tak terjaga lantas berhasil membobol Phyo Thu dikutip dari kumparan.com

Susunan Pemain Timnas U-22 vs Myanmar
Timnas U-22 :20-Ernando Ari; 2-Bagas Kaffa, 16-Muhammad Ferarri, 5-Rizky Ridho, 12-Pratama Arhan, 19-Alfeandra Dewangga, 15-Taufany Muslihuddin, 7-Marselino Ferdinan, 14-Fajar Fathur Rachman, 9-Ramadhan Sananta, 8-Witan Sulaeman.

Myanmar: 1-Pyae Phyo Thu; 7-Zaw Win Thein, 3-Thet hein Soe, 6-Yan Kyaw Soe, 8-Ye Yint Phyo, 9-Qakkar Naing, 10-Hein Htet Aung, 12-Shin Thant Aung, 13-Htoo Myat Khant, 19-Naung Naung Soe, 20-Swan Htet.