5 Daftar Pemain Afrika Pemilik Gol Terbanyak di Liga Champions

Liverpool25.jpg
(Instagram@liverpoolfc)

RIAU ONLINE, MESIR-Para pemain Afrika ternyata memiliki deretan catatan gol terbanyak dalam sejarah kompetisi antarklub Eropa paling elite, Liga Champions, di mana Mohamed Salah mampu menyamai torehan legenda Chelsea.

Liga Champions dikenal sebagai salah satu kompetisi elite di dunia, karena menghadirkan tim-tim dan pemain-pemain terbaik dari seluruh penjuru Eropa.

Karena kompetisi ini berbasis di Eropa, maka tak mengherankan jika rekor-rekor yang ada di dalam Liga Champions dikuasai oleh para pemain dari benua biru.

Salah satunya soal rekor gol. Untuk pemain yang berhasil mencetak gol terbanyak sepanjang sejarah ajang ini masih dipegang oleh pemain asal Eropa, tepatnya Portugal, yakni Cristiano Ronaldo.

Pemain yang kini berusia 38 tahun itu menjadi pencetak gol terbanyak kompetisi ini dengan 140 gol dari 183 pertandingan.

Torehannya kemudian diikuti pemain dari luar Eropa yang merupakan rival abadinya, yakni Lionel Messi dengan 129 gol dari 163 laga.

Setelahnya, urutan ketiga hingga ke-10 dikuasai oleh pemain Eropa lagi, dari Robert Lewandowski, Karim Benzema, Raul Gonzalez, Ruud van Nistelrooy, Thomas Muller, Thierry Henry, Alfredo Di Stefano, Andriy Shevchenko, hingga Zlatan Ibrahimovic.


Meski dikuasai pemain dari Eropa, ternyata ada pemain-pemain Afrika yang juga bisa menguasai kompetisi ini lewat gol-golnya.

Kira-kira, siapa pemain Afrika yang paling banyak mencetak gol sepanjang sejarah Liga Champions? Berikut daftarnya:


1. Didier Drogba (44 Gol)

Legenda Chelsea, Didier Drogba masih menjadi pemain Afrika tersubur di Liga Champions dengan sumbangan 44 gol dari 92 pertandingan.

44 gol itu disumbangkannya masing-masing bersama tiga klub yakni Olympique Marseille (5 gol), Chelsea (36 gol), dan Galatasaray (3 gol).


2. Mohamed Salah (44 gol)

Drogba tak duduk nyaman di daftar ini menyusul kehadiran Mohamed Salah yang juga telah mencetak 44 gol hanya dari 79 pertandingan di Liga Champions.

41 dari 44 golnya itu didapat saat membela Liverpool. Sedangkan tiga gol lainnya dibuat bersama FC Basel (2 gol) dan AS Roma (1 gol).

3. Samuel Eto’o (30 gol)

Legenda Barcelona, Samuel Eto’o, dikenal sebagai salah satu bomber tajam. Hal ini dibuktikannya di Liga Champions dengan sumbangan 30 gol dari 78 laga.

30 gol itu mayoritas didapatkan saat dirinya berseragam Barcelona dengan 16 gol dan diikuti 10 gol di Inter Milan, 3 gol bersama Chelsea, dan 1 gol bersama Mallorca.


4. Sadio Mane (27 gol)

Mantan rekan Mohamed Salah, Sadio Mane, juga masuk daftar ini setelah menyumbangkan 27 gol dari 63 pertandingan di Liga Champions.

27 gol itu mayoritas didapatkan di Liverpool dengan 24 gol dari 55 laga, dan 3 golnya lagi dibuat di Bayern Munich dalam 8 laga.

5. Riyad Mahrez (20 Gol)

Riyad Mahrez menjadi pemain Afrika kelima yang banyak menciptakan gol di Liga Champions dengan sumbangan 20 gol dari 54 pertandingan.

20 gol itu pun mayoritas didapat saat dirinya berseragam Manchester City dengan 16 gol dari 45 laga. Sedangkan 4 gol lainnya dibuat kala masih berseragam Leicester City dalam 9 pertandingan saja dikutip dari suara.com