Bukan Pasangan Suami Istri, Ronaldo dan Georgina Tinggal Serumah di Arab Saudi?

Ronaldo-dan-Georgina.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, RIYADH-Ronaldo memboyong sang kekasih, Georgina Rodriguez ibu dari dua anaknya ke Al Nassr. Mereka belum menikah alias bukan pasangan suami istri. Bagaimana nasib pasangan ini saat tinggal di Arab Saudi yang menganut hukum Islam?

Pertanyaan ini mencuat setelah Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan klub Al Nassr dan akan bermain di Liga Arab Saudi. Dalam sesi perkenalan, pemain berusia 37 tahun itu bahkan sempat mengucapkan kata-kata dalam bahasa Arab.

Ronaldo keluar dari lorong stadion bersama anggota keluarganya, termasuk sang pacar Georgina Rodriguez serta anak pertamanya, Cristiano Ronaldo Jr. Mengenakan seragam kuning dan biru Al Nassr, mantan penyerang Manchester United itu memasuki lapangan untuk berjalan dan memberi hormat kepada penonton saat kembang api dan lampu sorot menyala di sekelilingnya.

Pacarnya Georgina Rodriguez, mengenakan abaya hitam tradisional atau jubah serba tertutup yang dikenakan oleh sebagian besar wanita Saudi, mengikuti dari kejauhan bersama anak-anak Ronaldo.

Mengutip laman Lifeinsaudiarabia, Arab Saudi sejatinya melarang pasangan yang tidak menikah untuk tinggal serumah. Namun implementasi peraturan ini berbeda untuk penduduk Arab Saudi, ekspatriat (Warga Negara Asing) yang menetap karena pekerjaan, dan turis.


Bagi penduduk Arab Saudi, pasangan yang ingin check-in di hotel perlu menunjukkan KTP untuk mengetahui status perkawinan atau kekeluargan. Hal yang sama berlaku untuk pasangan yang akan menyewa apartemen, baik untuk tinggal sebentar maupun jangka panjang.

Sementara bagi ekspatriat seperti Cristiano Ronaldo dan Georgina Rodriguez, implementasi tidak terlalu ketat. Meski diminta menunjukkan KTP, sebagian besar hotel dan pemilik apartemen tidak mempermasalahkan jika pasangan yang tinggal serumah belum menikah.

Bagaimana dengan turis? Peraturan di Arab Saudi mewajibkan para turis untuk memperlihatkan paspor saat check-in. Namun hal ini terkait legalitas dan keamanan, sehingga status perkawinan tidak akan ditanyakan kepada turis.

Cristiano Ronaldo menandatangani kontrak dengan Al Nassr hingga Juni 2025. Pemenang Ballon d'Or lima kali itu diperkirakan mendapat bayaran sebesar 200 juta euro (Rp3,3 triliun) permusim.

Ronaldo bergabung dengan juara Saudi sembilan kali hanya beberapa minggu setelah kepergiannya dari United menyusul wawancara TV di mana dia mengkritik klub dan pelatih Erik ten Hag.

“Saya adalah pemain yang unik. Senang datang ke sini, saya memecahkan semua rekor di sana [di Eropa] dan saya ingin memecahkan beberapa rekor di sini,” kata Cristiano Ronaldo dalam sambutannya dikutip dari Al Jazeera, Rabu (4/1/2023).

“Saya datang ke sini untuk menang, bermain, menikmati, menjadi bagian dari kesuksesan negara dan budaya negara ini,” tambahnya dikutip dari suara.com