Lesakkan Gol ke Gawang Belanda, Messi Lampaui Rekor Pele dan Maradona

Argentina8.jpg

RIAU ONLINE, DOHA-Lesakkan gol ke gawang Belanda, Messi lampaui rekor Pele dan Maradona. Lionel Messi kembali mencatatan rekor pribadi saat tampil luar biasa ketika timnas Argentina mengalahkan Belanda dalam babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

Messi kini melampaui rekor yang dipegang dua legenda sepak bola Diego Maradona dan Pele sekaligus!

Penyerang Paris Saint-Germain (PSG) itu terlibat langsung dalam dua gol yang dicetak Argentina dalam kemenangan adu penalti 4-3 atas Belanda di Stadion Ikonik Lusai, Qatar, Sabtu (10/12/2022).

Messi mencatatkan assist untuk gol pembuka Argentina yang dicetak Nahuel Molina pada menit ke-35, sebelum mencatatkan namanya sendiri di papan skor lewat penalti di menit ke-73.

Namun, kontribusi besar Messi dalam laga ini tidak membuat Argentina lolos dengan mulus ke babak semifinal.


Belanda sempat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat dua gol pemain pengganti Wout Weghorst pada menit ke-83 dan 90+11 untuk memaksa pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan waktu dan penalti.

Di babak adu tos-tosan, Argentina tampil sangat baik. Kiper Emiliano Martinez tampil gemilang untuk membawa Tim Tango memenangkan adu tos-tosan dengan skor 4-3.

Lionel Messi yang maju sebagai algojo pertama La Albiceleste juga sukses mengesekusi penalti dengan sempurna, sebelum penendang kelima Lautaro Martinez memastikan kemenangan timnya dikutip dari suara.com

Lionel Messi lewati rekor Diego Maradona dan Pele di Piala Dunia

1. Lionel Messi terlibat langsung dalam 17 gol Piala Dunia (10 gol, 7 assist), melampaui rekor Diego Maradona untuk keterlibatan gol terbanyak bersama Argentina di kompetisi itu sejak Opta memiliki data ini pada 1966.

2. Messi kini telah mencetak 10 gol di Piala Dunia, sejajar dengan Gabriel Batistuta sebagai pencetak gol terbanyak Argentina dalam sejarah turnamen.

3. Lionel Messi telah terlibat dalam lima gol di fase gugur Piala Dunia. Sejak Opta mencatat statistik assist Piala Dunia pada 1966, ini adalah rekor terbanyak di babak sistem gugur melampaui Pele (terlibat 4 gol).

4. Lionel Messi telah dilanggar 65 kali dalam pertandingan Piala Dunia. Sejak Opta mengoleksi data tersebut pada 1966, ini adalah pelanggaran terbanyak kedua yang didapat seorang pemain di turnamen tersebut setelah Diego Maradona (152).