Pelatih Brasil, Tite Mundur usai Dikandaskan Kroasia di Piala Dunia 2022

Tite.jpg
(Twitter.com/@BrasilEdition)

RIAU ONLINE, DOHA-Pelatih Brasil, Tite mundur usai dikandaskan Kroasia di Piala Dunia 2022. Brasil kalah di babak delapan besar Piala Dunia 2022 usai kalah adu penalti lawan Kroasia. Sang pelatih, Tite pun memilih meninggalkan kursi pelatih Selecao yang sudah didudukinya sejak 2016.

Brasil dipulangkan Kroasia di perempat final Piala Dunia 2022 karena kalah dalam adu penalti 2-4 setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit di Stadion Education City, Qatar, Jumat (9/12/2022) tengah malam WIB.

Neymar membuka keunggulan untuk Brasil di perpanjangan waktu, tetapi Bruno Petkovic menyamakan kedudukan di menit ke-117 sebelum lanjut ke drama adu penalti.

Bagi Selecao --julukan Timnas Brasil, ini jadi kali kedua secara beruntun mereka kandas di perempat final Piala Dunia usai empat tahun lalu disingkirkan Belgia di Rusia. Tite juga jadi pelatih Brasil kala itu.

Berstatus salah satu favorit juara tahun ini, disingkirkan tim underdog macam Kroasia tentu sangat mengecewakan bagi Brasil. Tite pun memilih mundur.


Kabar ini dikonfirmasi sederet media ternama Brasil, termasuk juga jurnalis top Italia, Fabrizio Romano.

"Tite meninggalkan Brasil. Dia tidak lagi menjadi pelatih kepala Selecao usai kekalahan dari Kroasia. Sudah berakhir," tulis Romano di Twitter.

Tite sendiri juga mengonfirmasi hal ini usai laga kontra Kroasia.

"Seperti yang saya katakan, siklus saya sudah berakhir. Saya sudah katakan itu setengah tahun yang lalu, bahwa saya akan mundur setelah Piala Dunia 2022," tuturnya seperti dilansir Goal Intl, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Tite menukangi Brasil sejak Juni 2016 silam. Pelatih kawakan berusia 61 tahun itu dipilih menggantikan Carlos Dunga usai kegagalan di ajang Copa America Centenario.

Meski gagal di Piala Dunia 2018, pada 2019 Tite sukses membawa Brasil menjadi juara di ajang Copa America. Ini merupakan gelar juara Copa America pertama Selecao sejak 2007 silam.

Besar harapan publik Brasil terhadap Tite untuk bisa mempersembahkan trofi juara dunia keenam bagi Brasil di Piala Dunia Qatar tahun ini. Namun, sang juru taktik gagal mewujudkan harapan tersebut dikutip dari suara.com