Brasil Pulang Kampung usai Dihempaskan Kroasia Lewat Adu Penalti

Timnas-brasil5.jpg
(Twitter)

RIAU ONLINE, DOHA-Brasil pulang ampung usai dihempaskan Kroasia lewat adu penalti.

Brasil tersingkir setelah kalah adu penalti lawan Timnas Kroasia pada laga yang dihelat di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar yang rampung Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Setelah 90 menit waktu normal berakhir imbang 0-0, Brasil sejatinya sempat unggul lewat Neymar di akhir babak pertama extra time.

Akan tetapi, Kroasia mampu menyamakan kedudukan di paruh kedua perpanjangan waktu sebelum menang 4-2 di drama adu penalti!

Jalannya Pertandingan

Brasil mendominasi ball possession di awal babak pertama. Brasil juga lebih mengambil inisiatif serangan, sementara Kroasia mengandalkan serangan balik.

Relatif tak ada peluang bersih dari Brasil sampai 30 menit pertandingan meski Selecao terus mendominasi possession. Sementara itu, pressing-pressing dari Kroasia sempat membuat Brasil repot.

Menit ke-41, free-kick Neymar dari tepi kotak penalti Kroasia sempat deflected mengenai pagar hidup. Akan tetapi, bola masih lemah dan bisa diamankan kiper Kroasia, Dominik Livakovic.

Sampai 45 menit waktu normal berakhir plus semenit injury time, skor 0-0 tetap tak berubah.

Secara keseluruhan, Kroasia mulai mampu mengambil alih dominasi possession di 15 menit akhir babak pertama. Akan tetapi, tak ada satu pun shot on target yang dicatatkan Luka Modric Cs di paruh pertama ini.

Di sisi lain, Brasil punya tiga tembakan tepat sasaran dari total lima percobaan tembakan, akan tetapi tak ada yang benar-benar mengancam gawang Kroasia.

Tim Selecao praktis minim kreativitas di sepanjang babak pertama.

Masuk babak kedua, Brasil langsung tancap gas untuk menyerang. Dan setelah half-time, serangan-serangan dari tim Selecao nampak lebih berbahaya.

Serangan bergelombang dilancarkan Brasil ke pertahanan Kroasia. Akan tetapil, kiper Livakovic tampil luar biasa untuk Kroasia di paruh kedua ini.

Sebuah cut-back Eder Militao dari sisi kanan coba dihalau bek andalan Kroasia, Josko Gvardiol, di depan gawang. Bola mengarah ke gawang, namun diselematkan dengan luar biasa oleh Livakovic dengan kakinya.


Menit ke-55, percobaan kaki kiri Neymar masih lemah dan bisa dibendung Livakovic.

Penyelamatan gemilang kembali dilakukan kiper Dinamo Zagreb berusia 27 tahun itu pada menit ke-67. Kali ini dia memblok bola tendangan jarak dekat Lucas Paqueta.

Livakovic lagi-lagi menunjukkan ketangguhan di bawah mistar gawang Kroasia pada menit ke-76! Kiper bertinggi 186 cm itu menahan bola tembakan Neymar dari jarak dekat.

Paqueta nyaris mencetak gol melalui shot on target pada menit ke-80. Upayanya lagi-lagi bisa digagalkan Livakovic.

Skor kacamata bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Pertandingan pun harus dilanjut ke babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Di babak extra time, Brasil tak membuang waktu untuk segera menyerang mencari gol pertama. Kecepatan pemain pengganti, Antony cukup membuat para pemain di sisi Kroasia cukup kerepotan.

Meski demikian, Kroasia juga punya peluang. Menit ke-103, striker pengganti, Bruno Petkovic mengelabui tiga bek Brasil sebelum menyodorkan bola ke Marcelo Brozovic.

Sayang, sepakan Brozovic hanya melayang di atas gawang Brasil kawalan kiper Alisson Becker.

Di menit terakhir extra time paruh pertama, gol yang ditunggu-tunggu Brasil akhirnya datang juga. Melakukan one-two dengan Paqueta, Neymar merangsek masuk ke kotak 16 Kroasia.

Neymar melewati Livakovic, sementara sang kiper ragu untuk menjegal Neymar karena bisa berbuah pelanggaran dan penalti.

Sukses melewati kiper, Neymar dengan tenang menyarangkan bola ke sudut atas gawang Kroasia untuk membawa Brasil unggul 1-0!

Masuk ke paruh kedua, Kroasia pantang menyerah meski sudah tertinggal. Menit ke-115, Kroasia menyamakan skor!

Mislav Orsic menyisir sisi kiri sebelum melepaskan crossing mendatar ke kotak penalti Brasil. Bola disambut sepakan kaki kiri Petkovic, yang terdefleksi Marquinhos sebelum masuk ke gawang.

Kroasia mencetak gol dari tembakan tepat sasaran pertamanya di pertandingan ini. 1-1!

Di detik-detik terakhir extra time, Livakovic lagi-lagi melakukan penyelamatan gemilang. Sebuah snapshot dari Casemiro dari jarak dekat usai situasi sepak pojok berhasil dibendung sang kiper tangguh.

Trio Dinamo Zagreb; Livakovic, Petkovic dan Orsic benar-benar berperan besar buat Kroasia bisa memperpanjang napas di laga ini.

Skor 1-1 bertahan sampai wasit meniup peluit panjang. Laga harus dilanjut ke babak adu penalti!

Penendang pertama Kroasia, Nikola Vlasic menunaikan tugasnya dengan baik, sementara Rodrygo gagal bikin skor untuk Brasil.

Penendang kedua Kroasia Lovro Majer berhasil mengecoh Alisson, demikian pula Casemiro yang menaklukkan Livakovic.

Ketiga, Luka Modric berhasil untuk Kroasia, demikian pula Pedro untuk Brasil.

Keempat, Mislav Orsic sukses untuk Kroasia, sementara Marquinhos gagal. Brasil kandas di perempat final Piala Dunia 2022 usai kalah 2-4 dari Kroasia!

Sementara itu, Livakovic jelas jadi pahlawan Kroasia atas kesuksesan menembus semifinal. Total 11 save dibuat sang penjaga gawang di laga lawan Brasil hari ini, di luar babak adu penalti dikutip dari suara.com

Susunan Pemain:

Timnas Kroasia XI (4-3-3): Livakovic, Juranovic, Lovren, Gvardiol, Sosa, Modric, Brozovic, Kovacic, Pasalic, Perisic, Kramaric.

Pelatih: Zlatko Dalic (Kroasia)

Timnas Brasil XI (4-2-3-1): Alisson, Militao, Marquinhos, Silva, Danilo, Casemiro, Paqueta, Raphinha, Neymar, Vinicius, Richarlison.

Pelatih: Tite (Brasil)