Sikat Ajax 3-0, Liverpool Lolos ke 16 Besar Liga Champions

RIAU ONLINE, AMSTERDAM- Sikat Ajax 4-0, Liverpool lolos ke 16 besar Liga Champions. Liverpool mengunci tiket ke babak 16 besar Champions League 2022-2023 usai mengalahkan Ajax Amsterdam dalam matchday kelima Grup A, Kamis (27/10/2022) dini hari WIB.

Laga Ajax vs Liverpool yang berlangsung di Amsterdam Arena, Belanda itu berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan tim tamu.

Gol-gol Liverpool dalam pertandingan ini masing-masing dicetak Mohammed Salah, Darwin Nunez dan Harvey Elliot.

Merujuk informasi di laman resmi UEFA, kemenangan ini membuat Liverpool lolos ke 16 besar dengan berada di peringkat ke-2 grup dengan perolehan 12 poin, unggul jauh dari posisi ketiga yang ditempati Ajax dengan raihan 3 poin.

Jalannya Pertandingan Ajax vs Liverpool

Liverpool nyaris kebobolan saat laga baru berjalan tiga menit. Ajax membangun serangan dari kiri dan Steven Berghuis berlari bebas setelah menerima sodoran dari Brian Brobbey. Namun, sepakan Berghuis cuma membentur tiang gawang.

Ajax bermain agresif dan menekan Liverpool. Tim Belanda itu mendapatkan peluang pada menit ke-16, percobaan Berghuis masih melebar. Sesaat berselang, sepakan keras Jorge Sanchez dari depan kotak penalti masih bisa diamankan Alisson Becker.


Liverpool mulai menemukan permainannya. Umpan silang Andy Robertson pada pada menit ke-29 disambar Mohamed Salah dengan sepakan voli, tetapi masih membentur bek Ajax.


Liverpool hampir kebobolan pada menit ke-36. Sapuan Joe Gomez membentur pemain Ajax dan menjadi peluang untuk tuan rumah, dengan Steven Bergwijn lolos di sisi kanan. Umpan silangnya diterima Dusan Tadic yang bebas di kiri dan sepakannya masih mampu diblok Trent Alexander-Arnold.

The Reds mendapatkan peluang pada menit ke-41. Harvey Elliott melakukan percobaan dari luar kotak penalti, tetapi usahanya masih mudah diamankan Remko Pasveer.

Liverpool memimpin pada menit ke-42. Jordan Henderson meloloskan diri di sisi kiri dan melepaskan umpan silang. Salah yang tidak terkawal menyambut bola dan kemudian menaklukkan Pasveer. Skor menjadi 1-0.

Liverpool hampir menggandakan keunggulan pada menit ke-44. Robertson mengirim umpan silang dari kiri dan diterima Firmino di kanan.

Dalam posisi bebas, Firmino memilih mengoper lagi dan disambar Darwin Nunez di tiang jauh, namun cuma membentur tiang. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Liverpool mengawali babak kedua dengan baik dan bisa menambah keunggulan pada menit ke-49. Umpan sepak pojok Robertson ditanduk Darwin Nunez dan berakhir di pojok kanan gawang. Skor menjadi 2-0 untuk tim tamu.

Tim asuhan Jurgen Klopp mencetak gol ketiga dua menit berselang. Umpan terobosan Salah diterima Harvey Elliott yang berlari bebas di sisi kanan. Ia menuntaskan tusukannya dengan tembakan keras kaki kanan yang gagal dihalau Pasveer. Kedudukan menjadi 3-0.

Ajax mencoba mencetak gol pada menit ke-65. Upaya Bergwijn masih melambung. Dua menit berselang, sambaran Kenneth Taylor menyambut umpan silang Tadic juga belum menemui sasaran dikutip dari suara.com

Ajax kembali membuang peluang pada menit ke-85. Jurrien Timber merangsek dan melewati sejumlah pemain, tetapi sepakannya cuma melenceng ke kiri gawang.

Skor tidak berubah sampai pertandingan usai. Skor akhir 3-0 untuk kemenangan Liverpool, demikian Antara.

Susunan Pemain Ajax vs Liverpool

Ajax (4-3-3): Remko Pasveer; Jorge Sanchez, Jurrien Timber, Daley Blind (Owen Wijndal 58'), Calvin Bassey; Davy Klaassen (Mohammed Kudus 58'), Edson Alvarez (Florian Grillitsch 85'), Steven Berghuis (Francisco Conceicao 85'); Steven Bergwijn, Brian Brobbey (Kenneth Taylor 63'), Dusan Tadic.

Liverpool (4-1-2-1-2): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (Kostas Tsimikas 87'); Jordan Henderson (James Milner 71'), Fabinho (Stefan Bajcetic 71'), Harvey Elliott (Fabio Carvalho 71'); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Darwin Nunez (Curtis Jones 63').