Timnas Indonesia Gagal Raih Piala AFF, Shin Tae-yong Dapat Perintah dari Jokowi

Shin-Tae-yong4.jpg
([Twitter resmi Piala AFF])

RIAUONLINE, JAKARTA-Shin Tae-yong mengaku dirinya mendapatkan perintah dari Presiden Jokowi usai gelaran Piala AFF 2020.

Perintah dari Jokowi tersebut memang tidak disampaikan langsung kepada juru taktik asal Korea Selatan itu. Namun, melalui Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Kita sudah berjuang dengan sangat baik," ucap Shin Tae-yong menirukan komentar Jokowi seperti dikutip dari media Korea Yonhap pada Selasa (4/1/2022).

"Saya diminta mempersiapkan Piala Dunia U-20 2023 dari sekarang juga," imbuh pelatih berusia 51 tahun tersebut.

Piala Dunia U-23 2023 akan digelar di Indonesia. Turnamen antardunia itu menjadi target utama Shin Tae-yong usai dikontrak oleh PSSI.


Melihat hal ini, tentunya masa depan Shin Tae-yong bisa terjamin sebagai pelatih kepala timnas Indonesia. Sebab, dia masih memiliki kontrak hingga 2023 mendatang.

Sementara itu, meski gagal mengantarkan skuad Garuda juara di Piala AFF, pelatih asal Korea Selatan itu berhasil menyihir masyarakat Indonesia.


Sebab ia mampu membawa harapan di tim Merah Putih dalam Piala AFF 2020. Memanggil banyak pemain muda yang minim pengalaman, Shin Tae-yong mampu meracik strategi hingga mengantarkan timnas Indonesia ke babak final dikutip dari suara.com

Sayangnya di laga pamungkas timnas Indonesia harus kalah dari Thailand. Pada leg pertama Asnawi Mangkualam cs kalah telak 0-4, sedangkan di pertemuan kedua hasilnya imbang 2-2.

Artinya timnas Indonesia kalah agregat 2-6 dari Thailand. Maka dari itu, skuad Garuda harus puas menjadi runner-up di ajang Piala AFF 2020 kali ini.