Kalahkan Spanyol 2-1, Brasil Raih Medali Emas Sepak Bola Olimpiade Tokyo

barisl-olimpiade.jpg
([AFP])

RIAUONLINE - Tim sepak bola putra Brasil berhak atas medali emas Olimpiade Tokyo setelah mengalahkan Spanyol di babak final yang digelar di Nissan Stadium, Sabtu (7/8/2021).

Brasil menyudahi perlawanan Spanyol dengan skor 2-1 dalam laga yang berlangsung selama 120 menit tersebut.

Jalannya Pertandingan

Berlaga di Nissan Stadium, permainan cepat ditampil Brasil dan Spanyol sejak peluit kick-off dibunyikan.

Sama-sama ingin membawa pulang medali emas Olimpiade Tokyo, semangat dan kegigihan para pemain dari kedua kubu bahkan membuat atmosfer laga 'terasa' panas.

Tercatat, tiga kartu kuning dikeluarkan wasit Chris Beath di sepanjang 31 menit babak pertama.

Kedua tim sama-sama berhasil mencipta peluang. Brasil yang mengandalkan Richarlison beberapa kali menebar ancaman ke gawang Spanyol, namun belum mampu menundukkan sang kiper Unai Simon.


Begitu pula dengan Spanyol, peluang terbaik didapat Marco Asensio di menit 32. Namun bola yang mengarah ke sudut kiri gawang Brasil masih mampu ditepis keluar.

Memasuki menit 38, peluang emas didapat Brasil setelah wasit menunjuk titik putih setelah Unai Simon melanggar pemain Tim Samba di kotak terlarang.

Sayang, Richarlison yang maju sebagai algojo gagal mengkonversi peluang emas itu menjadi gol. Tendangannya dari titik 12 pas melambung di atas mistar gawang Unai Simon.

Namun kekecewaan Brasil tak berlangsung lama. Di menit 45+2, Matheus Cunha tidan mensia-siakan sodoran bola dari Dani Alves dan menutup babak pertama dengan skor 1-0.

Spanyol mencoba membalas di babak kedua. Tampil lebih agresif, tekanan terus dilancarkan para penggawa La Furia Roja.

Upaya keras para pemain Spanyol terbayar di menit 63. Menyambut umpan Carlos Soler, Mikel Oyarzabal mengubah papan skor menjadi 1-1 yang bertahan hingga menit ke-90 dan memaksa Brasil memainkan babak tambahan 2x15 menit.

Di babak tambahan pertama, Brasil terlihat lebih mendominasi. Serangan bertubi-tubi dilancarkan para penggawa tim Samba.

Tiga peluang sedikitnya diperoleh Brasil lewat Malcom, Claudinho dan Richarlison, tapi tak satupun yang mampu menjebol gawang Unai Simon.

Di babak tambahan kedua, kerja keras para pemain Brasil terbayar. Di menit 108, Malcom berhasil mengubah papan skor.

Hingga berakhirnya laga, skor 2-1 untuk kemenangan Brasil tidak berubah. Brasil berhak atas medali emas.