Real Madrid Takluk di Kandang, City Menang 1-2

Kevin-De-Bruyne-merayakan-gol-ke-gawang-Real-Madrid-di-Santiago-Bernabeu-stadium.jpg
(AFP)

RIAU ONLINE, MANCHESTER-Gol Kevin De Bruyne dari titik penalti menjadi penentu kemenangan Man City atas Real Madrid dengan skor  2-1 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. 

Pada laga yang digelar di Santiago Bernabeu, Kamis 27 Februari 2020, tuan rumah sempat memimpin lebih dulu lewat gol Isco di menit ke-60.

Man City mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Gabriel Jesus. Gol penalti Kevin De Bruyne akhirnya memastikan kemenangan Manchester City.

Pemain Manchester City merayakan gol Kevin De Bruyne ke gawang Real Madrid di leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu stadium. JAVIER SORIANO / AFP
Pemain Manchester City merayakan gol Kevin De Bruyne ke gawang Real Madrid di leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu stadium. JAVIER SORIANO / AFP
Sementara Madrid harus bermain dengan sepuluh orang setelah Sergio Ramos di kartu merah. Hasil ini tentu menjadi keuntungan bagi City yang akan menjadi tuan rumah di leg kedua nanti.

Jalannya Pertandingan

Real Madrid langsung mengambil alih penguasaan bola sejak awal. Sebuah peluang dimiliki oleh Raphael Varane, namun sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih melambung di menit ke-16.

Manchester City berhasil keluar dari tekanan dan langsung menciptakan peluang emas tapi sepakan keras Gabriel Jesus dari dalam kotak penalti berhasil digagalkan dengan baik oleh Thibaut Courtois.

Los Blancos balik mengancam, sebuah umpan silang Ferland Mendy disambar tandukan Karim Benzema di depan gawang, namun upayanya masih mentah di tangan Ederson.

Pada menit ke-28, Kevin De Bruyne juga memiliki peluang lewat sepakan kaki kanannya yang masih melebar ssetelah mendapatkan umpan dari Riyad Mahrez.

Madrid balik menekan lewat sundulan Karim Benzema yang masih dapat diamankan oleh kiper Ederson di menit ke-30. Tak lama berselang ganti Casemiro menyerang namun sepakan kaki kirinya masih melambung.

Pada menit ke-37, peluang City lewat tembakan Bernardo Silva dari sudit sempit dapat diamankan Courtois. Sementara usaha Gabriel Jesus juga masih gagal setelah bola melenceng di sisi kiri gawang.

Hingga turun minum belum ada gol tercipta dari kedua tim dan skor masih tetap 0-0. Di babak kedua, Man City mencoba melanjutkan tekanannya.

Riyad Mahrez mengancam lewat tembakan kaki kirinya namun masih melenceng tipis di kiri gawang di menit ke-50. Lagi Mahrez memiliki peluang namun dua kali peluangnya dapat digagalkan kiper Thibaut Courtois.

Menit ke-57, Isco mengancam gawang Man City lewat sundulannya namun bola masih dapat diamankan kiper Ederson. Tiga menit berselang, publik Bernabeu akhirnya bisa bersorak.

Isco akhirnya membuat Real Madrid memimpin 1-0 atas Man City. Sebuah umpan mendatar dari Vinicus berhasil diselesaikan dengan baik oleh Isco lewat sepakannya yang tinggal berhadapan dengan Ederson.

Pada menit ke-75, Gareth Bale masuk menggantikan Vinícius Júnior. Bale mencoba mengancam lewat sepakan kaki kirinya dari sisi kiri kotak penalti namun masih dapat diblok.

Man City berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol penyama tersebut dicetak oleh Gabriel Jesus lewat sundulannya menyambut crossing De Bruyne di menit ke-78.

Gabriel Jesus kembali lewat sundulannya nyaris memperbesar kedudukan namun usahanya kali ini masih terlalu tinggi berada di atas gawang Madrid.

Gareth Bale memiliki peluang lewat sundulannya di menit ke-81 setelah menyambut crossing Ferland Mendy namun masih melenceng tipis di samping kanan gawang.

City mendapat hadiah penalti setelah Daniel Carvajal melanggar Raheem Sterling di kotak terlarang. De Bruyne yang menjadi eksekutor melakukan tugasnya dengan baik dan City unggul 2-1 di menit ke-83.

Tiga menit berselang, Real Madrid harus bermain dengan sepuluh orang setelah Sergio Ramos mendapatkan kartu merah langsung dari wasit karena melanggar Gabriel Jesus.

Man City masih melanjutkan ancaman namun usaha Mahrez lewat tembakan kaki kirinya dapat diamankan Courtois di menit ke-87. Peluang Raheem Sterling juga masih dapat digagalkan Courtois.

Hingga peluit panjang berbunyi di akhir pertandingan Manchester City masih tetap menjaga kemenangannya 2-1 atas Real Madrid.

Susunan Pemain :

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Daniel Carvajal, Sergio Ramos (c), Raphael Varane, Ferland Mendy; Federico Valverde, Casemiro, Luka Modric; Vinicius Junior, Karim Benzema, Isco.

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy; Kevin De Bruyne (c), Rodrigo, Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Bernardo Silva.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com