2 Gol Diujung Waktu Bawa Brasil Kalahkan Kosta Rika

neymar.jpg
(AFP)

RIAUONLINE - Timnas Brasil berhasil mengalahkan Kosta Rika 2-0, pada pertandingan lanjutan Grup E Piala Dunia 2018, di Saint Petersburg Stadium, Jumat, 22 Juni 2018. Brasil yang susah payah mencari kemenangan akhirnya berbuah manis berkat dua gol Philippe Coutinho menit ke 90+1 dan Neymar dipenghujung waktu.

Dengan kemenangan ini Brasil beranjak ke puncak klasemen sementara Grup E dengan empat poin, sekaligus memperbesar peluang melaju ke babak 16 besar. Sementara Kosta Rika yang juga mengalami kekalahan di pertandingan pertama, menjadi juru kunci Grup E.

Jalannya Pertandingan

Berhadapan di Saint Petersburg Stadium, Brasil dan Kosta Rika bermain sangat hati-hati di awal laga. Hingga 15 menit pertandingan, kedua tim masih meraba kekuatan satu sama lain.

Brasil yang mendominasi lini tengah, perlahan mulai menekan. Sementara Kosta Rika, beberapa kali mencoba peruntungannya lewat serangan balik.

Di menit 27, Brasil berhasil menggetarkan gawang Kosta Rika yang dikawal Keylor Navas. Sayang, gol tersebut dianulir lantaran Gabriel Jesus sudah masuk dalam perangkap offside.

Lewat bola-bola panjang, Brasil leluasa menggedor pertahanan lawan dari sisi kiri. Sejumlah peluang di dapat, namun belum juga membuahkan hasil.


Di sisa waktu pertandingan, Brasil yang mendominasi jalannya laga terlihat sangat nyaman memainkan si kulit bundar. Pasing-pasing cepat terarah ditampil anak-anak asuh Tite sambil menarik keluar para pemain Kosta Rika yang berjejer di depan kotak terlarang sebelum melancarkan serangan.

Namun hingga turun minum, strategi yang dimainkan Selecao belum juga mampu mengubah papan skor. Skor kacamata tetap bertahan.

Lima menit bola bergulir di babak kedua Brasil nyaris saja mengubah kedudukan jika saja bola hasil tandukkan Gabriel Jesus tidak dimentahkan mistar gawang.

Tidak sampai satu menit berselang, giliran Philippe Coutinho yang mendapat peluang. Kali ini bola gagal menemui sasaran.

Mendominasi penguasaan bola, Brasil makin menggila. Bermain dengan tempo tinggi, berulang kali para penggawa tim Samba menggedor pertahanan Kosta Rika. Namun, hingga menit 75 gawang yang dikawal Keylor Navas belum juga berhasil ditembus.

Di menit 78, Brasil nyaris saja mendapat peluang emas setelah Neymar dijatuhkan di kotak terlarang. Wasit asal Belanda, Bjorn Kuipers menunjuk titik penalti. Namun setelah berkoordinasi dengan asisten wasit VAR, penalti dibatalkan.

Memasuki menit 90+1, kerja keras Selecao akhirnya terbayar. Menyodok ke jantung pertahanan Kosta Rika, Coutinho berhasil menggetarkan gawang Keylor Navas.

Di menit 90+7, papan skor kembali berubah. Neymar menggandakan keunggulan Brasil sekaligus mengunci kemenangan pertama tim Samba di Piala Dunia 2018.

Susunan Pemain:
Brasil (4-3-3): Alisson Becker; Fagner, Thiago Silva, Miranda, Marcelo; Paulinho, Casemiro, Philippe Coutinho; Willian, Gabriel Jesus, Neymar.

Kosta Rika (3-4-2-1): Keylor Navas; Oscar Duarte, Giancarlo Gonzalez, Johnny Acosta; Bryan Oviedo, David Guzman, Celso Borges, Cristian Gamboa; Bryan Ruiz, Johan Venegas; Marco Urena.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Gol Telat Coutinho dan Neymar Menangkan Brasil Atas Kosta Rika.