Nigeria Buka Peluang 16 Besar Usai Kalahkan Islandia 2-0

nigeria.jpg
(AFP)

RIAUONLINE - Timnas Nigeria berhasil memetik poin penuh pertamanya di Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Islandia 2-0. Kemenangan ini menjadi penawar bagi Nigeria seusai dikalahkan Kroasia pada laga perdana Grup D. Dua gol kemenangan Nigeria dalam pertandingan itu dicetak oleh Ahmed Musa. Dua gol tersebut dilesakkan penyerang Leicester City di menit 49 dan 75.

Pertandingan yang berlangsung di Volgograd Arena, Jum'at (22/6/2018), itu sendiri berlangsung membosankan di babak pertama. Bola lebih banyak bergulir di tengah, meski di awal pertandingan Islandia nyaris mengubah skor lewat tendangan bebas Gylfi Sigurdsson.

Jalannya pertandingan berubah drastis di babak kedua. Kedua tim yang sama-sama mengejar poin untuk menjaga asa lolos ke fase gugur mulai berani bermain terbuka.

Perlahan tapi pasti, Nigeria mampu mendominasi jalannya laga. Alhasil, empat menit bola bergulir di babak kedua Super Eagles berhasil memecah kebuntuan.

Lewat skema serangan balik cepat, Ahmed Musa mengubah papan skor lewat gol indah di menit 49. Mendapat umpan terukur dari sisi kanan, Musa mampu mengontrol bola terlebih dahulu sebelum melepaskan tendangan keras ke sudut kiri gawang Islandia yang dikawal Halldorsson.

Unggul satu gol, Nigeria makin percaya diri dalam membombardir pertahanan lawan. Di menit 75 upaya keras wakil Afrika itu kembali berbuah manis. Ahmed Musa kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah memperdayai penjaga gawang dan dua pemain Islandia.


Tertinggal dua gol, Islandia baru bereaksi. Jika sebelumnya lebih mengandalkan serangan balik, kali ini Islandia bermain terbuka.

Memasuki menit 81, Islandia mendapat peluang emas untuk memangkas jarak. Usai melihat rekaman pertandingan (VAR) wasit Matthew Conger yang memimpin pertandingan menunjuk titik putih menyusul pelanggaran Tyronne Ebuehi terhadap Alfred Finnbogason.

Namun peluang tersebut kandas. Gylfi Sigurdsson yang maju sebagai eksekutor gagal melaksakanan tugasnya dengan baik. Bola hasil tendangannya melayang tinggi di atas mistar gawang Francis Uzoho.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 2-0 untuk kemenangan Nigeria bertahan.

Dengan hasil ini, Nigeria beranjak ke posisi dua klasemen sementara Grup D dengan tiga poin. Di pertandingan terakhir, Nigeria akan saling bunuh dengan Argentina untuk mengamankan tiket ke fase gugur.

Susunan Pemain:
Nigeria (3-5-2): Francis Uzoho; Leon Balogun, William Troost-Ekong, Kenneth Omeruo; Victor Moses, Onyinye Ndidi, John Obi Mikel, Oghenekaro, Brian Idowu; Ahmed Musa, Kelechi Iheanacho.

Islandia (4-4-2): Hannes Thor Halldorsson; Hoerdur Magnusson, Ragnar Sigurdsson, Kari Arnason, Birkir Saevarsson; Birkir Bjarnason, Gylfi Sigurdsson, Aron Gunnarsson, Rurik Gislason; Alfred Finnbogason, Jon Dadi Boedvarsson.

Artikel ini pertama terbit di Suara.com dengan judul: Pecundangi Islandia, Nigeria Buka Peluang ke Fase Gugur