Harga Daging dan Telur Ayam Meroket, Pedagang: Banyak yang Beli

daging-ayam-naik.jpg
(Haslinda/ RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Harga sejumlah kebutuhan pokok melonjak seiring mendekati Ramadan 1445 H. Kondisi ini terpantau di sejumlah pasar tradisional di Kota Pekanbaru.

Seperti di Pasar Limapuluh, harga daging sapi, daging ayam, hingga telur ayam kian mahal. Daging sapi saat ini menyentuh harga Rp 150.000 per kilogram dari harga biasanya Rp 130 ribu per kilogram.

Sementara untuk harga telur mencapai Rp 55 ribu per papan. Ayam potong juga masih tinggi di harga Rp 35 ribu per kilogram dari harga sebelumnya yakni Rp 33 ribu per kg.

Kenaikan harga ini seiring meningkatnya permintaan pembeli. Para pedagang menyebut bahwa daging dan telur banyak dibeli jelang memasuki bulan puasa.


"Paling banyak dibeli ya daging ayam, daging sapi, karena kan biasanya orang bikin rendang untuk sahur pertama," kata Usman, penjual daging di Pasar Limapuluh.

Sementara itu, naiknya harga telur dikarenakan tingginya permintaan konsumen sebab telur merupakan bahan utama pembuatan kue.

"Harga telur ayam memang naik. Banyak yang beli karena sudah mulai memproduksi kue untuk lebaran. Selain itu juga stok untuk jualan aneka makanan dan takjil nanti," kata penjual telur ayam, Anggun.

Komoditi lainnya seperti cabai merah saat ini harganya Rp 70.000 per kilogram, cabai rawit Rp 56.000 per kilogram, tomat Rp 20.000 per kilogram, bawang merah Rp 28.000 per kilogram, dan bawang putih Rp 40.000 per kilogram.