Wah! Zaman Sekarang 2519 Desa di Indonesia Belum Nikmati Listrik

Listrik.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Sebanyak 2.519 desa di Indonesia hingga kini masih belum teraliri listrik. Ironisnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) negara kita hanya mampu menerangi 120 titik desa per tahun.

 


Hal itu dipaparkan oleh Direktur Jenderal Energi Baru dan Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana di Jakarta, Minggu (28/2/2016).

 

Dia mengatakan, pemerintah khususnya dalam hal ini Kementerian ESDM berencana melakukan percepatan elektrifikasi. Sebab, anggaran yang mampu disediakan APBN tiap tahunnya sangat tidak mencukupi untuk mengejar target rasio elektrifikasi 97 persen di 2019.

 

BACA JUGA : Besi Pelabuhan Zaman Belanda Berserakan di Pelabuhan Bea Cukai


 

"Tiap tahun anggaran dari APBN hanya mampu menerangi 120 titik, atau desa. Berarti kalau untuk 12.659 desa, perlu 100 tahun kita melistriki semuanya," kata Rida.

 

KLIK JUGA : Kukang Dibantai di Pasar Pekanbaru untuk Pesugihan Kaya dan Kejantanan

 

Sebanyak 12.659 desa tersebut merupakan desa tertinggal yang belum memperoleh akses listrik dari jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Sementara itu, sebanyak 2.519 desa diantaranya masih gelap gulita atau belum teraliri listrik sama sekali.

 

Oleh karena itu, Rida bilang, kegiatan elektrifikasi ke depan tidak bisa menggunakan cara-cara yang telah lampau. Rida mengatakan, atas dasar itulah Kementerian ESDM meluncurkan Program Indonesia Terang (PIT).

 

"Kalau enggak, untuk yang 2.519 desa saja itu perlu 25 tahun, dan itu terlalu lama, makanya ini bagaimana dipercepat menjadi 5 tahun ke depan, dan harus bisa," ujar Rida.