Anda Lagi Hamil? Hindari Tiga Makanan Ini

Ibu-Hamil.jpg
(NTRNT)

RIAU ONLINE - Bagi setiap perempuan, hamil dan melahirkan merupakan peristiwa penting yang selalu dinanti-nanti. Ketika perempuan lagi hamil, ternyata tak boleh sembarangan memakan makanan, termasuk minuman. 

 

Ada beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi ibu hamil. Makanan dilarang tersebut antara lain: 

 

1. Sayuran mentah

Sayuran mentah memang mengandung lebih banyak vitamin dan mineral dibanding sayuran sudah matang. Ada banyak agam makanan dengan sayuran mentah seperti karedok, hingga lalapan. (Baca Juga: Ingin Punya Anak Perempuan? Coba Terapkan Cara Ini

 

Meski mengandung vitamin yang banyak, ada kemungkinan sayuran mentah menyisakan pestisida. Kandungan ini harus Anda waspadai demi janin dalam kandungan.


 

Lebih baik, Anda memasak sayuran mentah itu terlebih dahulu guna mencegah sayuran terkontaminasi pestisida. Namun, jika Anda mengonsumsi sayuran organik, tidak perlu diwaspadai.

 

"Karena sayuran organik ditumbuhkan tanpa pupuk kimia dan pestisida. Kecambah merupakan sayuran harus Anda waspadai. Penyebabnya, ukuran kecambah yang kecil menyulitkan proses pencucian dan penghilangan pestisida. Untuk lebih amannya, untuk sementara waktu hindari mengonsumsi kecambah," kata dr Kartika Mayasari, Anggota Redaksi Medis Kedokteran Umum KlikDokter.com. (Klik Juga: Ingin Cepat Punya Momongan? Perhatikan Masa Subur Pasangan

 

2. Seafood

Makanan jenis ini memang dianjurkan untuk ibu hamil, karena kandungan omega-3 zat besi dalam makanan laut bisa membantu tumbuh kembang janin terutama perkembangan otak.

 

Namun, tetap saja Anda harus berhati-hati karena saat ini sebagian seafood sudah tercemar logam merkuri yang dapat menghambat pertumbuhan saraf janin bayi. 

 

3. Hindari makanan bersifat asam

Misal makanan pedas. Karena saat hamil muda rasa mual dialami akan menyebabkan Anda sedikit terganggu. Jika Anda mengkonsumsi makanan pedas akan memperparah rasa mual itu.



Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline