Inilah 7 Hal Tentang Muslim Jerman Anda Harus Tahu

Muslimah-Jerman.jpg
(ALLIANCE/DPA)

RIAU ONLINE, BERLIN - Siapa yang menyangka, ternyata penganut agama Islam di Jerman menduduki peringkat kedua penduduk terbanyak setelah agama Kristen. 

 

Penduduk Jerman beragama Islam itu berasal atau keturunan migran dari berbagai negara. Beberapa fakta bagi Anda untuk mengenal lebih dekat Muslim di Jerman dikutip dari dw.com. (Baca Juga: Di Amerika, Masjid Sengaka Dibakar Jelang Salat Jumat

 

1. Ke-2 Terbesar di Eropa

Di Jerman, setidak terdapat 4 juta warga Muslim yang telah menetap di negeri dikenal dengan sebutan Negeri Bir. Jumlah tersebut 5 persen dari populasi Jerman.

 

Angka ini menempatkan Jerman, di bawah Perancis, sebagai negara ke-2 di Eropa dengan populasi Muslim terbanyak. Di Perancis ada sekitar 4,7 juta warga Muslim. (Klik Juga: Selalu Salahkan Umat Muslim Petinggi PBB Ini Marah

 

2. NRW Negara Bagian Terbanyak Muslim

Sekitar 1.343.000 warga Muslim tinggal di Nordrhein-Westfalen (NRW), menempatkan negara bagian ini menjadi wilayah dengan penduduk Muslim terbanyak di Jerman.

 

Muslim Jerman

SEORANG Muslim Jerman saat menatap tiang menara Masjid, belum lama ini.

 

3. Turki Sumbang Terbesar

Mayoritas Muslim di Jerman merupakan pendatang dan keturunan migran generasi kedua atau ketiga. Turki merupakan negara asal Muslim Jerman terbanyak, 1,5 juta.

 

Sementara itu, Muslim di Jerman berasal dari Asia Tenggara sekitar 73 ribu orang, Afrika Utara 92 ribu, Eropa Tenggara 355 ribu, Asia Tengah 13 ribu, Kawasan Timur Tengah 110 ribu dan dari negara lainnya 32 ribu. (Lihat Juga: China Tega Usir Wartawati Cantik Ini Usai Liputan Muslim Uighur

 

4. Banyak Berpaspor Jerman


Sebanyak 44,4 persen warga Muslim di Jerman memegang paspor Jerman. Secara persentase, warga Muslim Jerman berasal atau keturunan dari negara-negara Asia Selatan dan Tenggara merupakan warga Muslim berkewarganegaraan Jerman terbanyak, 69,2 persen.

 

5. Apakah Muslim Islam KTP?


Dari hasil jajak pendapat tahun 2008, hanya 36 persen yang menyatakan bahwa mereka benar-benar Muslim. Dan hanya 33, 9 persen warga Muslim Jerman yang menyatakan menjalankan kewajiban beribadah. Sementara 20,4 persen lainnya tidak pernah sama sekali.

 

6. Masjid Dibangun di Pusat Kota

Menurut statistik, di Jerman ada 206 mesjid dan sekitar 2.600 rumah ibadah kaum Muslim. 120 mesjid tengah dalam pembangunan atau dalam perencanaan. 53,7 persen mesjid yang ada di Jerman di bangun di pusat kota dan 26,8 persen di wilayah pemukiman. (Baca: Video Curhat Ibu yang Sedih Anaknya Gabung ISIS

 

7. Aliran Terbesar

Di Jerman ada enam mazhab Islam dengan kaum Sunni yang terbanyak, yaitu 74,1 persen. Sementara penganut Alawiyah 12,7 persen, dan Syiah 7,1 persen.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline