Pendiri Google ke Indonesia, Ini Agendanya

RIAU ONLINE, JAKARTA - Salah seorang pendiri Google, Sergey Brin sedang berada di Jakarta. Ia menyempatkan diri menemui Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Ia juga melaukan perjalanan ke Raja Ampat, Papua.

 

Rudiantara mengatakan ada beberapa hal yang ingin ia sampaikan kepada Brin. "Saya akan bicara tentang kelanjutan Project Loon dan program 1.000 startup," ucap Rudiantara, Senin (28/12/2015).

 

Rudiantara pada Oktober 2015 lalu, mengunjungi negara bagian California di Amerika Serikat, untuk bertemu dengan komunitas teknologi serta mendukung Google melakukan uji coba balon udara penyebar akses Internet (Google Project Loon) memanfaatkan jaringan operator seluler Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat.

 

Dalam pertemuan kali ini, Rudiantara berkata hendak menindaklanjuti pembicaraannya soal balon udara Google. (BACA JUGA: STNK Anda Hilang? Ini Cara Pembuatan dan Pengurusannya)

 

Menurut rencana, uji coba penyebaran akses Wi-Fi dengan teknologi 4G LTE dari balon udara Google dan jaringan operator seluler di Indonesia ini akan dimulai pada 2016 terutama kawasan Indonesia timur, memanfaatkan spektrum 900 MHz milik tiga operator besar Indonesia.

 

Proyek balon Internet Loon ini diharapkan Rudiantara agar tidak tumpang tindih dengan jaringan yang sudah ada dan dilakukan di daerah yang belum tersedia akses Internet.

 

Selain itu, Rudiantara juga punya misi bersama pelaku industri kreatif untuk mencetak 1.000 pengusaha teknologi berkualitas pada tahun 2020 dengan total valuasi US$ 10 miliar. Upaya mencapai misi tersebut salah satunya dilakukan dengan memelajari ekosistem matang ekonomi digital dari Amerika Serikat (AS).

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline