Aktual, Independen dan Terpercaya


Pesona Keindahan Wisata Geopark di Ciletuh, Pelabuhan Ratu

Geopark-Ciletuh.jpg

RIAU ONLINE - Beberapa tahun belakangan pariwisata geopark menyita perhatian banyak pecinta traveling. Buat yang belum paham dengan istilah ini, geopark, atau bisa disebut juga sebagai taman bumi, adalah sebuah kawasan tak hanya sebagai tempat perlindungan, layaknya taman nasional, tapi juga juga daerah wisata yang mengedepankan warisan geologi.

Bukan cuma di luar negeri, Indonesia juga punya wisata geopark. Untuk sampai ke geopark yang berada di Ciletuh, Pelabuhan Ratu ini dapat menggunakan rental mobil, bus dan ojek.

Sebuah taman bumi yang mengemas puluhan tempat wisata keren dengan pemandangan mengagumkan. Apa saja tempat wisata yang ada di sana?

Kawasan Perbukitan
Geopark Ciletuh didominasi oleh kawasan perbukitan. Dataran-dataran tinggi menjulang menjanjikan keindahan pemandangan alam yang luar biasa untuk para pengunjungnya. Dimulai dari Bukit Panenjoan, sebuah bukit dengan puncak yang menjanjikan keindahan alam Ciletuh dari ketinggian. Tidak heran kalau tempat ini selalu jadi target ber-selfie buat pecinta jalan-jalan di media sosial.

Masih dari ketinggian, ada Puncak Dharma. Sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 230 meter di atas permukaan laut dan menjadi spot favorit untuk melihat matahari terbit. Dari tempat ini pengunjung dapat memandang daerah pantai, laut selatan, hingga air terjun yang terselip di antara pepohonan dan bukit Ciletuh.

Rekomendasi berikutnya untuk spot wisata daerah perbukitan di Ciletuh adalah Puncak Tugu. Sebuah tempat yang pas banget untuk dikunjungi pasangan traveler. Soalnya, di atas bukit terdapat sebuah tempat selfie dengan susunan huruf yang kalau diterjemahkan menjadi, “Aku cinta kamu.” Yakin tidak mau selfie bareng pasangan di sini?

Kawasan Pantai
Tak hanya kawasan perbukitan, Geopark Ciletuh juga dihiasi pantai-pantai indah. Dari perbukitan turun ke pantai, dengan rental mobil pastinya tidak melelahkan. Salah satunya adalah Pantai Palangpang dengan bibir pantai yang panjang.

Yang menarik, pantai ini juga dijadikan tempat pendaratan paralayang. Selain itu Pantai Palangpang juga dikenal memiliki pemandangan matahari terbit yang memesona.

Untuk yang menginginkan petualangan berbeda, Pantai Cimaja bisa jadi destinasi impian, banyak pengunjung yang memanfaatkan ombak untuk beraktivitas surfing. Sementara bagi yang menginginkan kedamaian sambil berbaring di pasir putih, Pantai Pangumbahan bisa jadi pilihan. 

Kawasan Air Terjun
Karena dialiri sungai-sungai yang membelah perbukitan, penampakan air terjun di sekitar Geopark Ciletuh jadi sangat indah. Ada beberapa tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan ini, yaitu Curug Cimarinjung yang menjanjikan keindahan, dibumbui dengan cerita-cerita mistis yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Ada juga Curug Sodong, air terjun kembar yang terlihat mengisi kolam di bawahnya.

Jangan lupa juga untuk berkunjung ke Curug Awang yang menggetarkan saat debit air meninggi dengan. Curahan air dari atas tampak seperti tirai bening yang menjadi pemisah antara udara dan bebatuan di balik air terjun tersebut.

Penasaran Ingin Menjelajahi Geopark Ciletuh, Pelabuhan Ratu?
Dengan keindahan alam yang luar biasa, pastinya banyak traveler yang ingin melihat langsung Geopark Ciletuh. Beruntung sudah tersedia banyak moda transportasi menuju tempat ini. Bagi yang berasal dari kota-kota lain bisa menggunakan kereta api, bus menuju Sukabumi.

Begitu sampai di Sukabumi, temukan Terminal Pelabuhan Ratu sebagai titik pemberangkatan menuju Ciletuh. Dari sini, wisatawan bisa menggunakan jasa minibus atau ojek untuk melanjutkan perjalanan ke spot wisata yang diinginkan. Bila ingin lebih nyaman tentunya dengan rental mobil saja.

Bila kedatangan lebih dari sehari, pastikan sudah mempersiapkan baju ganti. Alasannya, kesegaran air dari curug-curug yang ada di sekitar Ciletuh sangat menggoda untuk dinikmati. Selain itu, penjelajahan akan membuat badan berkeringat. Wajib bagi pendatang untuk membawa banyak baju ganti.

Penjelajahan yang sangat melelahkan juga akan menguras energi. Supaya tetap kuat melanjutkan perjalanan, jangan lupa membawa makanan ringan dalam ransel.

Untuk liburan yang maksimal di Geopark Ciletuh, sangat disarankan untuk menggunakan jasa rental mobil. Keunggulan pakai jasa sewa kendaraan adalah mendukung mobilitas saat akan berpindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya.

Tak perlu pula khawatir mengalami kecapekan karena biasanya jasa rental mobil melengkapi layanan mereka dengan sopir yang siap mengantar sudut-sudut Geopark Ciletuh.

Dapatkan kemudahan mendapatkan jasa sewa mobil dengan menggunakan aplikasi Traveloka. Jangan lupa untuk memanfaatkan promo yang tersedia agar biaya sewa kendaraan jadi lebih murah.