Kabut Asap Saat Upacara HUT Riau, Ini Kata Sekda Hijazi

Kabut-Asap-Selimuti-Perayaan-HUT-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, mengatakan pemrintah dibantu Satgas pemadam sudah berupaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. pihaknya hanya bisa berikhtiar agar kabut asap bisa selesai. Pagi tadi kabut asap pekat menyelimuti Pekanbaru saat Pemerintah Riau menggelar upacara HUT Provinsi Riau yang ke 62.

"Kabut asap ini adalah kondisi yang sesungguhnya tidak bisa kendalikan, karena ini lebih didominasi oleh faktor alam," kata Ahmad Hijazi, Jumat, 9 Agustus 2019.

Hijazi menjelaskan, lahan di Riau mayoritas merupakan lahan gambut yang muda terbakar, bahkan persentasenya mencapai 65 persen dataran di provinsi Riau.

Apalagi, kemarau panjang tanpa hujan sudah melanda provinsi Riau sejak sebulan belakangan. Pemprov sebenarnya sudah berupaya membuat hujan buatan tapi belum membuahkan hasil.

"Oleh karena itu , kita ya hanya bisa ikhtiar. Karena kan satgas sudah bekerja juga. Selain itu kita juga berdoa pada Allah supaya ini bisa cepat teratasi," tuturnya.

Lebih jauh, Pemprov juga akan berupaya agar bisa timbul di masyarakat maupun korporasi agar betul-betul memperhatikan lingkungan sehingga alam di Riau bisa terjaga.

"Mari kita jaga alam, baik sungai, lahan ambut dan lainnya. Kita jalankan program restorasi, desa bebas api, pembuatan sekat kanal dan sebagainya. Sesuai dengan tema Riau Hijau dan Bermartabat," tutupnya.