Aktual, Independen dan Terpercaya


Mudik Lebaran, Kepadatan Mulai Terjadi di Pelabuhan BSL Bengkalis

lonjakan-penumpang-pelabuhan.jpg
(Andrias)

Laporan: ANDRIAS


RIAUONLINE, BENGKALIS - Arus mudik sudah mulai terlihat di Pelabuhan Bandar Sri Laksamana (BSL) Bengkalis. Pemudik yang menggunakan transportasi laut didominasi dari Batam dan Selatpanjang.

Puluhan pemudik menggunakan MV Dumai LINE 08, Jumat 31 Mei 209 sekitar pukul 13.23 WIB siang tiba dipelabuhan.

Mahmuddah (39), penumpang asal Kepulauan Meranti mengaku sengaja memilih mudik lebih cepat. Alasanya, khawatir akan terjadi lonjakan penumpang jelang Lebaran tahun 2019 ini.

"Seperti sebelumnya, lonjakan mudik di bengkalis biasanya terasa H-2 jelang lebaran makanya kami milih pulang kampung pada hari ini," kata Mahmuddah bersama istri dan dua orang anaknya dengan tujuan ke Selatbaru.

Namun ada yang berbeda kali ini dari hari biasanya, yang cuma satu kapal tujuan ke bengkalis. Tidak menunggu lama, kapal Dumai Expres 16 bersandar dan menurunkan penumpang dan berlanjut menuju Dumai.

Terpisah, Agen Kapal MV Dumai LINE, Cabang Bengkalis, Edi mengatakan lonjakan penumpang dari Batam ke Bengkalis sudah mencapai 10 persen dari hari normal biasanya.

"Penumpang yang dari Batam ke Bengkalis sejak kemarin sudah terjadi peningkatan sekitar 10 persen sedangkan dari bengkalis ke luar hingga saat ini masih normal," kata Edi.

Pun demikian, Edi memperkirakan lonjakan mudik dari atau ke bengkalis melonjak pada saat H-3. Edi menambahkan pihaknya telah menambah armada untuk antisipasi terrjadinya lonjakan arus mudik lebaran tahun ini.

"Seperti tahun sebelumnya, lonjakan penumpang dari bengkalis terjadi di H-3. Penumpang kebanyakan berangkat ke Batam maupun ke Dumai," pungkas Edi.