Usai Kerusuhan, Ratusan Napi Lapas Siak Dipindah ke Sejumlah Daerah

Kepala-Kanwil-Kemenkumham.jpg
(Ist)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, M Diah mengatakan ratusan narapidana yang menghuni Lapas Klas II B Siak akan dipindah ke sejumlah Lapas di Riau.

Pemindahan itu setelah insiden kerusuhan dan pembakaran Lapas Siak, Sabtu dinihari. Sedikitnya terdata sekitar 648 narapidana menguni Lapas Klas IIB Siak itu. Akibat kerusuhan itu, 119 telah dipindah ke gedung serba guna setempat.

Sementara sisanya yang masih bertahan di Lapas Siak akan dipindah ke beberapa daerah. Namun, belum diketahui pasti berapa total Napi masih bertahan dan berapa yang telah melarikan diri.

"Kita akan data dulu. Hari ini juga dievakuasi," kata M Diah.

Dia menjelaskan Rutan Klas IIB Sialang Bungkuk Pekanbaru dan Rengat menjadi pilihan utama. Sementara itu, jika masih belum mencukupi Lapas Bengkalis juga menjadi pilihan.

"Rutan di Pekanbaru dan Rengat. Kalau masih belum dibawa ke Bengkalis juga," ujarnya.

Seluruh bangunan Lapas Siak hangus terbakar, Sabtu dinihari tadi. Keadaan begitu mencekam. Suara tembakan berulang kali terdengar.

Sejumlah isu menyeruak atas insiden itu. Diantaranya adalah dugaan tindakan kekerasan oknum sipir terhadap sejumlah tahanan yang tertangkap memiliki narkoba. (**)