Aktual, Independen dan Terpercaya


Ini Dia Partai Paling Banyak Memenangkan Pilkada 2018

Pengundian-nomor-urut-Parpol-peserta-Pemilu-2019.jpg
(Merdeka.com)

 

RIAU ONLINE - Pilkada serentak 2018 yang menjadi ajang pertarungan partai politik telah usai. Hasil hitung cepat pun telah menggambarkan calon kepala daerah yang menang. Hasil cepat lembaga survei juga diketahui partai-partai yang berada di posisi teratas memenangkan pilkada di beberapa provinsi dan kota.

Partai mana saja yang calon-calonnya paling banyak menang?

Partai NasDem menang di 11 provinsi

Berdasarkan hitung cepat, pasangan cagub-cawagub yang diusung NasDem dalam Pilkada serentak menang di 11 provinsi dari 17 provinsi, yakni Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, NTT, Sulawesi Tenggara, Papua, dan Maluku.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengatakan pencapaian ini melampaui target yang telah ditentukan oleh DPP. Capaian ini, menurutnya, sebuah prestasi besar bagi partainya yang terhitung masih muda, yaitu 6,5 tahun.

"Saya berterima kasih atas segala perhatian dan support yang telah diberikan," jelasnya melansir Merdeka.com, Jumat, 29 Juni 2018.

PAN menang di 110 provinsi

Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi partai yang berada di urutan kedua yang banyak meraup kemenangan di pilgub di 10 dari 17 provinsi bersama partai koalisinya. 10 provinsi yang dimenangkan PAN adalah Pilgub Riau, Pilgub Sumatera Utara, Pilgub Sumatera Selatan, Pilgub Lampung, Pilgub Jatim, Pilgub Bali, Pilgub Sulsel, Pilgub Maluku dan Pilgub Papua.

Ketua Umum PAN, Zulkifli berterima kasih kepada semua pihak, karena dari 17 Pilgub calon yang didukung oleh PAN bisa menang di 10 tempat. Dia berharap seluruh pemenang dalam Pilkada bisa menjalankan tugas dan memenuhi janji kampanye.

"Jadi kami terima kasih dipercaya di 10 tempat bersama-sama partai lain karena enggak mungkin sendiri, ada banyak partai dipercaya untuk mengemban tugas untuk mewujudkan kabupaten atau kota dan provinsinya," ungkapnya.

Golkar dan Hanura memenangkan di 9 provinsi

Di 9 provinsi, Partai Golkar dan Hanura sama-sama memenangkan cagub-cawagub dalam pilkada serentak 2018. Golkar berhasil menang di Pilgub Jawa Timur, Pilgub Jawa Tengah, Pilgub Sumut, Pilgub Lampung, Pilgub Kalimantan Barat, Pilgub NTT, Pilgub Sultra, Pilgub Maluku Utara dan Pilgub Papua.

Sedangkan Hanura memenangkan cagub-cawagub Pilgub Jawa Barat, Pilgub Jawa Tengah, Pilgub Jawa Timur, Pilgub Sumatera Utara, Pilgub Sumatera Selatan, Pilgub Bali, Pilgub NTT, Pilgub Maluku dan Pilgub Papua.

PPP dan PKS menang di 7 provinsi

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Keadilan Sejatera (PKS) dua partai Islam yang sama-sama berjaya dengan memenangkan Pilkada serentak di 7 provinsi. Yakni, Pilgub Jabar, Pilgub Jateng, Pilgub Jatim, Pilgub Kalbar, Pilgub Maluku, Pilgub Maluku Utara dan Pilgub Papua.

Sedangkan PKS dan partai koalisi menang di Pilgub Riau, Sumatera Utara, Pilgub Kalimantan Barat, Pilgub Kalimantan Timur, Pilgub Sulsel, Pilgub NTB dan Pilgub Papua.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id