Karena Perang, 34 Negara Tak Punya Makanan yang Cukup untuk Rakyatnya

kelaparan.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Sebanyak 34 negara yang hampir semuanya di Afrika tak memiliki cukup makanan untuk rakyatnya. Pertempuran yang terjadi di Timur Tengah juga dianggap menjadi salah satu pemicunya.
Berdasarkan laporan Badan Pertanian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), rakyat di 34 negara tersebut membutuhkan bantuan. Apalagi, jumlah mereka naik jika dibandingkan dengan laporan di bulan Desember lalu dengan penambahan Swaziland.
Berdasarkan keterangan Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) yang dilansir dari VOAIndonesia, Kamis (10/3/2016), kekurangan pangan itu akibat kekeringan yang dipengaruhi fenomena cuaca El Nino serta bencana banjir.
Kekeringan akibat El Nino dianggap sangat mengurangi harapan produksi pangan tahun ini di Afrika Selatan, Amerika Tengah dan Karibia. Pertempuran seperti di Suriah, Yaman dan Somalia membuat kondisi yang buruk semakin parah. Miskinnya kondisi tanaman pangan di Korea Utara juga memperburuk kondisi.
Laporan itu menyebutkan kondisi tanaman pangan untuk tahun 2016 umumnya lebih baik di belahan utara bumi. Diperkirakan juga, di sejumlah negara Asia pasokan gandum terpenuhi dengan jumlah besar.