IOF Gelar Offroad Adventure 2023 di Danau Buatan Kota Pekanbaru

Offroad-di-danau-buatan.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pecinta Indonesia Offroad Federation (IOF) menggelar Offroad Adventure 2023 di Danau Buatan Kota Pekanbaru, Minggu, 12 Maret 2023.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, diikuti 30 peserta dari berbagai daerah, yakni Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kabupaten Kampar, Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, bahkan satu orang peserta pecinta offroad asal Malaysia.

Ketua IOF Pengda Riau, Haji Sofyan mengatakan kegiatan tersebut merupakan sarana untuk mengumpulkan offroader baik di dalam maupun di luar Provinsi Riau sebagai cara untuk mengenalkan wisata alam Pekanbaru, Danau Kayangan atau yang lebih dikenal dengan Danau Buatan.  

“Ini kami laksanakan sesuai kalender IOF Pengda Riau yang hari ini kita gelar jelajah alam wilayah Rumbai yakni wisata alam Danau Kayangan, untuk pesertanya juga dari luar Riau, bahkan ada juga dari Malaysia," papar Haji Sofyan, Minggu, 12 Maret 2023.

Meski diguyur hujan, hal ini tidak menyurutkan semangat para offroader melintasi rintangan.  

"Jalur yang kami lewati Offroad Adventure ini seru sekali, apalagi hujan turun tambah berlumpur, sangat menantang," ujar offroader asal Bukittinggi, Jhon Kayo.  


Ketua Panitia Offroad Adventure, Irmanto Keken mengatakan jalur jelajah yang ditempuh peserta ini sejauh kurang lebih 10 kilometer. 

Para offroader melintasi perkampungan dan perkebunan warga.  Selanjutnya finis di dermaga satu, Danau Kayangan Pekanbaru dengan camping sesama Offroader. 

"Setelah mereka berhasil melewati rintangan, para peserta akan beristirahat sambil bersilaturahmi menikmati wisata alam Pekanbaru," ujar Irmanto. 

Pecinta offroad asal Malaysia, Borhan Adam atau bob mengaku kagum dengan lintasan di Pekanbaru ini. 

"ini saya lakukan karena saya suka dengan Offroad ini, jalurnya menantang ya ada mobil sampai terbalik, ini rendang masakan rumah makan padang, sudah tiga hari di pekanbaru saya baru bisa menikmati rendang ini rasanya sangat berbeda ini enak sekali,”ujar Borhan Adam . 

Selain menyelenggarakan Offroad Adventure Wisata Alam Danau Kayangan, pengurus dari IOF Pengda Riau dan IOF Pengcab Pekanbaru juga menggelar bakti sosial dengan memberikan puluhan paket sembako untuk warga kurang mampu di daerah sungai ambang, Kecamatan Rumbai.