Tak Lagi Gersang, Makkah Menghijau Usai Diguyur Hujan Deras

Pemandangan-hijau-di-Makkah.jpg
(Twitter/@AbuHafsah1)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemandangan tak biasa di dua kota suci di Arab Saudi, Madinah dan Makkah, membuat sejumlah jamaah umrah Indonesia kaget. Jamaah dibuat terkesima di sepanjang perjalanan melintasi Madinah ke Makkah atau sebaliknya yang berjarak 450 km.

Suasana gersang yang biasa terlihat kini berganti dengan pemandangan hijau.

Warga Bintaro, Jakarta Selatan, Aiko, yang mengambil paket umrah akhir tahun, menceritakan saat dirinya menunaikan umrah apada Ramadan sekitar April 2022, pemandangan tampak berwarna cokelat, khas daerah gersang beriklim gurun atau semigurun.

Ketika umrah menjelang pergantian tahun 2023, Aiko menemukan pemandangan berbeda. Warna cokelat berganti hijau.

“Pemandangan dari bus Makkah tampak menghijau,” ujarnya, dikutip dari kumparan, Senin, 9 Januari 2023.

Hingga kini pemandangan hijau masih terlihat di sana. Bahkan sejumlah foto pegunungan hijau dengan beberapa unta berjalan viral di media sosial.


Pemandangan Januari 2023. Unta berjalan di kawasan Makkah yang menghijau Foto: Dok. Abdullah Al-Salami via Twitter @MakkahRegion via kumparan

Tidak sedikit warganet yang mempertanyakan kebenaran pemandangan hijau di jalur Makkah itu, mengingat belum lama ini muncul video hoaks hujan salju di Makkah. Warganet lainnya menjawab bahwa foto maupun video yang beredar itu benar.

Video tersebut juga diunggah oleh otoritas pemerintah Makkah. Mereka menegaskan bahwa tanaman hijau itu tumbuh karena hujan yang mengguyur belakangan ini.

“Pegunungan Makkah diselimuti tanaman hijau setelah hujan baru-baru ini,” tulis mereka.

Sejak akhir 2022, hujan memang sering mengguyur Makkah sampai sekarang. Pada 23 Desember 2022, hujan bahkan memicu banjir bandang yang menyeret puluhan mobil hingga berakhir dengan mobil saling bertumpukan.

Hingga kini, cuaca hujan deras masih mengintai Makkah. Akibatnya, sekolah tatap muka ditiadakan, berganti dengan sekolah online sampai hari ini.

Sedikitnya, sekolah online telah diterapkan selama sepekan di Makkah dan kota-kota lainnya di Arab Saudi akibat hujan deras.

Kendati hujan sering turun, namun ibadah umrah di Masjidil Haram, Makkah, dan ziarah ke Masjid Nabawi di Madinah, jalan terus tanpa gangguan.