Dispar Riau Persiapkan 3 Etape Jelang Tour de Siak Desember Mendatang

Ilustrasi-Tour-de-Siak.jpg
(riau.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Provinsi Riau segera menggelar agenda tahunan Tour de Siak. Tour de Siak yang dilaksanakan pada 1-4 Desember 2022 akan menggunakan tiga rute atau etape yang akan dilalui sport tourism dalam ajang balap sepeda itu.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat, mengatakan ketiga rute untuk Tour de Siak telah dipersiapkan setelah berbagai perbaikan. 

"Etape 1 Siak City Race 85 km, etape 2 Siak-Pekanbaru 130 km, etape 3 Pekanbaru City Race 120 km," sebutnya, Selasa, 22 November 2022. 

 


Roni memaparkan di hadapan Gubernur Riau, Syamsuar, bahwa di etape 1 Siak City Race sepanjang 85 km untuk Tour de Siak sudah siap 100 persen. Sedangkan etape 2 Siak-Pekanbaru sepanjang 130 km sudah mencapai 79 persen, dan etape Pekanbaru City Race sepanjang 120 km persiapannya sudah 98 persen.

"Naik Pak Gub, seperti itulah gambaran jalanan yang ada," paparnya kepada Syamsuar.

Roni menjelaskan pihak keamanan akan disiagakan di setiap etape. Misalnya untuk etape 1 dan 2 ada marshall sebanyak 15 personel polisi dan 10 personel dari Dinas Perhubungan. Sedangkan untuk etape 3, marshall berjumlah 25 personel polisi. 

Tak hanya itu, kata Roni, akan disisipkan berbagai hiburan dan penampilan dari daerah di setiap etape Tour de Siak untuk menghibur peserta dan masyarakat yang menyaksikan ajang balap sepeda tahunan tersebut.