BPS Riau: Potensi Pariwisata Riau Sudah Signifikan, Tapi Belum Terlalu Besar

Kepala-BPS-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FATMA KUMALA)

Laporan: Fatma Kumala

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau mengklaim bahwa pertumbuhan pariwisata di Riau dari tahun ke tahun meningkat. Bahkan pemerintah Provinsi Riau mengatakan total transaksi wisata di Riau mencapai angka Rp 4,2 triliun selama tahun 2017.

Sementara, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, Aden Gultom mengatakan untuk meningkatkan pertumbuhan pariwisata tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Butuh proses, dan butuh infrastruktur yang besar. Menurutnya, potensi pariwisata Riau saat ini sudah signifikan, namun belum terlalu besar.

"Kalau sistem lapangan usaha, pariwisata kan bagian dari berbagai sektor, misal pariwisata bisa dihitung dari sektor perhotelan dan transportasi yang membawa wisatawan juga termasuk pariwisata. Tapi karena hitungan kita selalu dalam miliar bahkan triliunan, belum masuk munculnya angka pariwisata. Tapi trennya meningkat sudah pasti meningkat dari tahun ke tahun," jelas Aden, Senin 5 Februari 2018.

Baca Juga Pekanbaru Bakal Jaring Pelancong Malaysia Dengan Cara Ini

Dengan meningkatnya potensi wisata ini, lanjut Aden, akan ada perubahan pengeluaran masyarakat Riau. Seperti, pengeluaran rumah tangga yang akan beralih dari pengeluaran untuk makanan saja menjadi pengeluaran untuk wisata. "Makanan akan mengecil tetapi akan ada pengeluaran untuk wisata. Wisata jangan diartikan ke objek wisata saja, nginap di hotel pun dianggap bagian dari wisata. Bahkan ke mall juga wisata," ujarnya.

Ditanya soal angka transaksi wisata Riau yang mencapai Rp 4,2 triliun, Aden hanya mengatakan dirinya belum bisa memastikan. "Saya belum bisa pastikan, butuh kita menghitung lebih detailnya," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id