KPU Siak Pekerjakan 250 Warga untuk Lipat Surat Suara Pemilu 2024

Surat-suara-Pemilu-2024-di-gudang-kpu.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Siak mempekerjakan ratusan warga untuk melipat surat suara Pemilu 2024.

"Pelipatan surat suara akan dimulai besok, diperkirakan selesai hingga tujuh hari ke depan," ucap Sekretaris KPU Siak, Okta Viyanus, Minggu 7 Januari 2024.

Okta menyebut pihaknya melibatkan sebanyak 250 orang warga Siak untuk melipat kertas surat suara Pemilu 2024. Warga yang dipekerjakan dibayar dengan hitungan per lembar kertas surat suara yang dilipat. 

“Untuk surat suara presiden Rp 200 per lembar, kemudian DPR, DPRD Rp 275 per lembar,” sebutnya. 

"Dalam hal ini kita juga melibatkan masyarakat untuk bekerja, tentunya supaya ada tambahan pemasukan untuk mereka," kata Okta Viyanus. 


Sementara itu, KPU Siak telah melakukan penyesuaian atau mekanisme pengerjaan pelipatan surat suara. Ratusan warga yang dipekerjakan akan mulai melipat surat suara pada Senin 8 Januari 2024, besok. 

“Besok pagi sebelum mulai melipat kita lakukan briefing, kita ajarkan cara pelipatan yang baik dan benar, beberapa orang ada juga orang lama, dulu pernah ikut bekerja melipat surat suara,” ujarnya. 

Untuk melipat kertas surat suara, kata Okta, dibutuhkan tempat yang luas, sehingga KPU Siak pelipatan surat suara akan dilakukan di bawah dan di atas podium Gedung Sport Hall. Saat ini, Sport Hall Siak memang tengah menjadi gudang logistik KPU Siak.

Surat suara Pemilu 2024 tiba di Siak pada Sabtu, 6 Januari 2024. Dua mobil kontainer logistik Pemilu 2024 dari Pelabuhan Pelindo, Kecamatan Tualang, diturunkan di gudang KPU Siak, Gedung Sport Hall.

Surat suara itu dibawa sekitar pukul 10.00 WIB, kemudian tiba di gudang KPU Siak pukul 13.20 WIB, dengan pengawalan ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap.