Aktual, Independen dan Terpercaya


Tokoh Masyarakat Bengkalis Dukung Wacana Pembentukkan Provinsi Riau Pesisir

Proposal-Riau-Pesisir.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Pembentukkan Provinsi Riau Pesisir kembali mengemuka usai lima tahun disahkan oleh DPRD Riau pada 3 September 2014 silam. 

Tidak tanggung-tanggung, wacana itu didorong langsung oleh Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan Eet. Spontan, rencana membentuka Provinsi Riau Pesisir disambut baik serta mendapat dukungan dari Masyarakat Riau, terutama di Pesisir.

Salfian Daliandi, misalnya. Tokoh masyarakat Bengkalis ini mendukung penuh pemekaran Provinsi Riau menjadi dua, Riau induk dan Riau Pesisir sebagai daerah pemekaran.

Senada sama Indra Gunawan, Salfian Daliandi, mantan anggota DPRD Bengkalis ini menyebut, bila terwujud Provinsi Riau dimekarkan menjadi dua, Riau Daratan dan Riau Pesisir. Idealnya, kedepan pembangunan bisa dilakukan lebih merata.

Ia mengakui, untuk mewujudkan pemekaran tersebut, tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Namun, jika pemerintah daerah serius maka hal tersebut bisa terwujud.

"Apalagi didorong Ketua DPRD Riau yang sekarang merupakan putra terbaik Bengkalis. Saya sangat kenal dengan beliau dan saya optimis pemekaran bisa terwujud," kata Dalfian dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Minggu, 20 Oktober 2019.

Selain keseriusan dari pemerintah daerah, tuturnya, juga diharapkan sinergi dengan Pemerintah Provinsi Riau secara bersama-sama menggiring pemekaran itu hingga ke pusat.

"Jangan hanya wacana, tapi kita juga mau lihat action hingga ke atas. Artinya, ini semua harus digiring juga ke Pusat," ujarnya.

Pemekaran Riau Pesisir, tambah Salfian Daliandi, selain pemerataan pembagunan bakal mampu meningkatkan kesehteraan masyarakat.

"Ditambah lagi, letak geografis wilayah Riau Pesisir merupakan perbatasan dengan tetangga jiran Malaysia, maka Kita sangat diuntungkan. Tak bisa kita bayangkan bakal tumbuh dan pesatnya perekonomian kedepanya," pungkasnya.