KPU Pekanbaru Pastikan Isu KPPS Tak Dapat Uang Saku Bimtek cuma Hoaks

ketua-kpu-pekanbaru.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 baru saja dilantik serentak pada Kamis, 26 Januari 2024 kemarin. 

Namun, kabar bahwa uang transportasi untuk kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) KPPS selama bertugas akan menjadi zonk, sudah meresahkan para petugas tersebut. 

Kabar ini beredar setelah sejumlah petugas KPPS mengaku tidak mendapatkan uang transportasi untuk Bimtek yang digelar bersamaan dengan hari pelantikan. 

"Waktu hari pelantikan itu sekaligus ada bimteknya. Tapi tidak ada diberi uang transportasi," ujar R. 

Beredar pula video tiktok @Dilakmu yang menciutkan terkait uang transportasi untuk pelantikan seharusnya berkisar Rp180 ribu dan uang Bimtek Rpa120 ribu. 


Pada akun tersebut ramai pula netizen yang mengaku mengikuti pelantikan KPPS. Mereka juga mengaku mendapatkan uang transportasi saat pelantikan sekaligus Bimtek tersebut, mulai dari Rp20 ribu sampai Rp150 ribu. Bahkan ada pula yang mengaku tidak dapat uang transportasi sama sekali.

Menanggapi hal ini, Ketua KPU Kota Pekanbaru, Anton Merciyanto mengatakan, untuk Kota Pekanbaru, petugas KPPS pasti akan mendapatkan uang transportasi atau uang saku setiap mengikuti Bimtek. 

"Ada kok, setiap bimtek mereka mendapatkan uang transportasi," ujarnya, Sabtu, 27 Januari 2024.

Ia menjelaskan, uang transportasi tersebut merupakan tambahan disamping honor bagi petugas KPPS. Dimana petugas KPPS mendapatkan honor Rp1.100.000 dan Rp1.200.000 bagi ketua KPPS.

"Honor dibayar diakhir masa tugas, uang transportasi untuk setiap Bimtek," tegasnya.