Satgas Jibom OMB LK 2 Patroli dan Deteksi Penggunaan Bahan Peledak di Bawaslu

Jibom-Brimob-Polda-Riau.jpg
(Dok Brimob Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tim dari Subsatgas Penjinak Bom (Jibom) melaksanakan patroli di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), di Jalan Adi Sucipto, Pekanbaru, Selasa, 12 Desember 2023.

Hal tersebut merupakan Opera Mantap Brata Lancang Kuning (OMB LK) dari Satgas Jibom untuk mencegah adanya bentuk kekacauan dalam Pemilu 2024 serta menjaga stabilitas keamanan.

Kasubsatgas Jibom, Ipda Ruly Aryadi bersama 12 personel melakukan sterilisasi dan mendeteksi areal lokasi disekitaran kantor Bawaslu tersebut.

Perlengkapan Handhald metal detektor, team gegana Subsatgas Jibom melakukan penyisiran dan pemantauan , mendeteksi semua area dalam kantor dan halaman luar guna memastikan situasi aman dari ancaman adanya bahan peledak ataupun pemicu ledakan.

"Hal tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi adanya gangguan keamanan pada tahapan kampanye  dengan melibatkan Team Gegana Sat Brimob yang memiliki kesiapan penuh dan didukung oleh personil terlatih serta memiliki leadership yang solid dan teknologi modern," ujar Dansat Brimob Polda Riau, Kombes Pol Ronny Lumban Gaol, Rabu, 13 Desember 2023.

Subsatgas Jibom Brimob Polda Riau akan melakukan berbagai langkah pengamanan dalam menciptakan keamanan pada perhelatan Pesta Demokrasi Pemilu 2024.

Lanjut AKBP Aries, personel harus tetap siaga dan waspada meskipun situasi aman, tidak boleh under estimed, barang berupa pemicu ledakan bisa saja berada disekitaran kantor tersebut.


Usai patroli, tim terus melakukan latihan pengoperasian X-RAY Flatscan 15 dalam Rangka OMB 2023-2024 di Mako Satuan Brimob Polda Riau dipimpin Ipda Ruly.

"Ini merupakan bentuk kesiapsiagaan melatih ketrampilan personil siap melaksanakan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) bagian dari Satgas Tindak Subsatgas Jibom OMB Lancang Kuning," tegangnya.

"Brimobda Riau siap dalam penanggulangan dan antisipasi gangguan keamanan dalam negeri yang berskala tinggi, dan penyelamatan masyarakat," pungkasnya.