Jangan Ketinggalan, Catat Jadwal dan Lokasi Gerakan Pasar Murah di Rumbai!

Beras-sphp8.jpg
(Riau Online/Annisa Alzikri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat Kota Pekanbaru bisa membeli sejumlah bahan pangan dalam kegiatan gerakan pasar murah atau GPM dengan harga di bawah harga pasaran.

Masyarakat bisa datang di lokasi GPM Kecamatan Rumbai Timur, Kamis 30 November 2023. Kegiatan pangan murah ini dimulai pukul 11.00 WIB hingga selesai.

 

Lokasinya berada di Kantor Camat Rumbai Timur, kantor Lurah Limbungan dan Kecamatan Rumbai Timur. Sejumlah komoditi yang dijual di GPM yakni beras SPHP, gula Manis Kita, MinyaKita, dan bahan pokok lainnya.

 

Beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau beras Bulog dijual dengan harga lebih terjangkau kepada masyarakat. Harga Eceran Tertinggi (HET) beras SPHP yakni Rp 11.500 per kilogram.

 

"Setiap pekan kita gelar GPM di sejumlah kelurahan secara rutin," terang Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Rabu 29 November 2023.


 

Menurutnya, satu komoditi yakni beras karena harganya masih tinggi hingga saat ini. Adanya GPM yang berlangsung dua kali dalam sepekan diharapkan bisa membantu masyarakat.

 

"Kita merespon kondisi pasar, ketika beras naik. Tentu kita salurkan beras bulog setiap GPM," paparnya.

 

Pria disapa Ami mengatakan bahwa pihaknya sudah menggelar 12 kali GPM sejak akhir September 2023. Pemerintah kota menggelar GPM di 24 titik sepanjang beberapa bulan ini.

 

Ratusan ton beras SPHP sudah disalurkan kepada masyarakat lewat program GPM. Dirinya memastikan bahwa tim Disperindag Kota Pekanbaru setiap pekan mengantisipasi gejolak harga.

 

Komoditi lainnya yang jadi perhatian yakni cabai merah. Meski harganya sudah mulai turun, tetap masih terbilang mahal. "Kita harapkan stabil harganya, kalau bisa turun jelang akhir tahun ini," tutupnya.