Seleksi Dirut BRK Syariah, LAMR Minta Pemerintah Pilih Anak Riau

BRK-Syariah-1.jpg
(ANTARA/dok)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sembilan calon Direktur Utama (Dirut) Bank Riau Kepri (BRK) Syariah sedang menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK), yang berlangsung mulai 11 Oktober hingga 14 Oktober 2023 mendatang. 

 

"Peserta seleksi calon Dirut BRK Syariah mulai menjalani UKK di Jakarta. UKK dilaksanakan di LPPI," ujar Ketua Pansel Calon Dirut BRK Syariah M Job Kurniawan.

 

Seleksi calon Dirut BRK Syariah ini dilakukan untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, pasca pengunduran diri dari Dirut BRK Syariah sebelumnya, yakni Andi Buchari dengan alasan pribadi.

 

Terkait seleksi ini, Ketua Umum Dewan Pimpinan Agung LAMR Tan Seri Syahril Abu Bakar meminta panitia agar memilih anak daerah atau warga Provinsi Riau untuk ditetapkan sebagai Dirut BRK Syariah. 


 

Menurutnya, kemampuan dan keterampilan anak daerah tidak kalah dibandingkan orang luar untuk memimpin Bank Riau tersebut. 

 

"Kita harapkan, pilih betul-betul anak Riau, tidak harus orang diluar Riau. Sebelumnya kita pilih orang luar, tidak bertanggung jawab juga, mengundurkan diri entah karena tekanan dan lainnya," jelasnya.

 

Syahril menambahkan, anak daerah yang ia maksud tidak harus merupakan suku tertentu. Menurutnya, orang Riau mencakup setiap warga yang lahir, sekolah dan besar di Provinsi Riau.

 

"Mau dia orang Melayu, Batak, Minang dan lainnya, yang penting dia orang Riau. Dia lahir, besar dan sekolah di Riau ini. Saya yakin anak-anak Riau sudah mampu memimpin BRK Syariah," pungkasnya.